PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK DAN ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE CERAMAH DI SMK NEGERI 5 PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbedaan hasil belajar siswa dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Ceramah pada mata pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronia kelas X SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XL1 dan siswa XL3 program keahlian Teknik Listrik SMK N 5 Padang dengan jumlah siswa 56 orang, XL1 merupakan kelas eksperimen dan XL3 merupakan kelas kontrol. Penentuan kelas ini dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan posttest (tes hasil belajar) berupa soal objektif sebanyak 24 butir soal. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Ceramah.