PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR AND SHARE DI KELAS V SD SEMEN PADANG 1

Sri Arlini - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Rifda Eliyasni - Pembimbing1, Universitas Negeri Padang
Farida S Farida S - Pembimbing II Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstract

The researchis animed to improve the students’ learning outcomes in learning the Social Study Subject by using the Cooverative, Think Pair and Share Model at5th grade of SD Semen Padang 1. Types of this research was classroom action research with qualitative and quantitative approach. Subject of this research were teachers (practitioners) and 21 students. The result of this research shows an excalation from cycle I to cycle II on :a) planning of 7.2%, b) implementation, teacher aspect and student aspects of 19,6%, and c) student learning outcomes of 8,7%. It can be concluded that used Cooperative Model Type Think Pairand  Share can improve students achievement in learning social study of elementary school.

 

Keywords :  Learning outcomes, Social study, model

References


DAFTAR RUJUKAN

Aderusliana. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. Diunduh (http://aderusliana.wprdpress.com, diakses pada 10 Februasi 2018)

Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodolgi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2002. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Era. Ilmu Pengetahuan Sosial. 2012. Surakarta: Era Pustaka Utama

Erlangga. 2006. IPS Terpadu. Jakarta: Depdiknas

Harmianto, Sri. 2015. Model- Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2007. Integrated Learning. Pekanbaru: Falah Production.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: PT Multi Pressindo

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Nugraha. 2012. Ilmu Pengetahuan Sosial. Surakarta: Ikapi

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sapriya. 2006. Pembelajaran Dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: Upi Press.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group

Taniredja, Tukiran, dkk. 2015. Model- Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi peneliti PTK yang Profesinonal. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wahab Azis Abdul. 2009. Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.4158