PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek peneliti adalah guru kelas V selaku observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas V. Hsil pengamatan RPP pada siklus I adalah rata-rata nilai 82,14% kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 92,85% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I adalah rata-rata 81.25% kualifikasi baik, meningkat pada siklus II 95,83% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I adalah rata-rata 81,25% kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 95,83% kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 80,88 meningkat pada siklus II menjadi 91,87.
Kata kunci: hasil belajar, PKn, model TPS
Abstract
This study aims to improve learning outcomes PKn using a cooperative model type Think Pair Share (TPS). This type of research is classroom action research and uses qualitative and quantitative approaches. The subjects of this study were the fifth grade reacher as observers, researchers as practitioners and class V students. . The research result shows some improvements. In term of lesson plans, the score increased from 82,14% in cycle I to 92,85 in cycle II. In term of teacher’s aspect, the score enhanced from 81,25% in cycle I to 95,83% in cycle II. Meanwhile, in term of the student’s aspect, the score increased from 81,25% in cycle I to 95,85% in cycle II. Finally, the student’s learning outcomes enhanced from 80,88 in cycle I to 91,87 in cycle II.
Keywords : Learning Outcomes, PKn, Think Pair Share Strategy
References
DAFTAR RUJUKAN
Akmal. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Padang: Bung Hatta University Press
Ananda, Azwar. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pendidikan Karakter Bangsa dan Strategi Pembelajaran Nilai. Padang: UNP Press
Suyono.2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Hamalik, Oemar . 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Imron, Ali. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Jihad, Asep. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
_______. 2016. Panduan Penyusunan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan.Padang
_______. 2011. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers
________. 2015. Penilaian Autentik; Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajawali Pers
Nurasma. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Nurochim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali Pers
Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-r Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suyadi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi uzz Media
Uno,B Hamzah. 2012. Menjadi Peneliti yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wijaya Kusumah. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua.
Jakarta Barat: Indeks
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3705