PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DI SEKOLAH DASAR

Resi Maisi - Mahasiswa Universitas Negeri Padang
Nasrul Nasrul - Pembimbing 1, Universitas Negeri Padang
Arwin Arwin - Pembimbing 2, Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek peneliti adalah guru kelas V selaku observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas V. Hsil pengamatan  RPP  pada siklus I adalah  rata-rata nilai 82,14% kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 92,85% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I adalah rata-rata 81.25% kualifikasi baik, meningkat pada siklus II 95,83% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I adalah rata-rata 81,25% kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 95,83% kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 80,88 meningkat pada siklus II menjadi 91,87.

 

            Kata kunci: hasil belajar, PKn, model TPS

 

Abstract

This study aims to improve learning outcomes PKn using a cooperative model type Think Pair Share (TPS). This type of research is classroom action research and uses qualitative and  quantitative approaches. The subjects of this study were the fifth grade reacher as observers, researchers as practitioners and class V students. . The research result shows some improvements. In term of lesson  plans, the score increased  from  82,14% in cycle I to 92,85 in cycle II. In term of teacher’s aspect, the score enhanced from 81,25% in cycle I to 95,83% in cycle II. Meanwhile, in term of the student’s aspect, the score increased  from  81,25% in cycle  I  to 95,85% in cycle II. Finally, the student’s learning outcomes enhanced  from 80,88 in cycle I to 91,87 in cycle II.

 

 

Keywords : Learning Outcomes, PKn, Think Pair Share Strategy

 


References


DAFTAR RUJUKAN

Akmal. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Padang: Bung Hatta University Press

Ananda, Azwar. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pendidikan Karakter Bangsa dan Strategi Pembelajaran Nilai. Padang: UNP Press

Suyono.2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Hamalik, Oemar . 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Imron, Ali. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Jihad, Asep. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

_______. 2016. Panduan Penyusunan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan.Padang

_______. 2011. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers

________. 2015. Penilaian Autentik; Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajawali Pers

Nurasma. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

Nurochim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali Pers

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-r Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suyadi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi uzz Media

Uno,B Hamzah. 2012. Menjadi Peneliti yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wijaya Kusumah. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua.

Jakarta Barat: Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3705