Penggunaan Model Bamboo Dancing dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model kooperatif tipe bamboo dancing di kelas V SDN 16 Kampeh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) RPP siklus I 82,14% dan siklus II 92,86% , b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I 77,5% dan siklus II 90% , c) Pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 81,25% dan siklus II menjadi 92,5% , d) Hasil belajar siswa siklus I 78,47 dan siklus II 86,64. Dengan demikian dapat disimpulkan, dengan menggunakan model pembelajaran bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.
Kata kunci: hasil belajar; Pendidikan Kewarganegaraan; bamboo dancingDOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3641