Penggunaan Model Bamboo Dancing dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar

suci lucyana - Universitas Negeri Padang
Farida S -
Reinita Reinita -

Abstract


Abstrak

      Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model kooperatif tipe bamboo dancing di kelas V SDN 16 Kampeh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) RPP siklus I 82,14%  dan siklus II 92,86% , b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I 77,5% dan siklus II  90% , c) Pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 81,25% dan siklus II  menjadi 92,5% , d) Hasil belajar siswa siklus I 78,47 dan siklus II 86,64. Dengan demikian dapat disimpulkan, dengan menggunakan model pembelajaran bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.

Kata kunci: hasil belajar; Pendidikan Kewarganegaraan; bamboo dancing



DOI: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v6i2.3641