IMPLEMENTATION OF E-LKPD INTEGRATED PROBLEM BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS' MASTERY OF CONCEPTS AND COMMUNICATION SKILLS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A. Asrizal, A. Amran, A. Ananda, and F. Festiyed, “Effectiveness of Adaptive Contextual Learning Model of Integrated Science by Integrating Digital Age Literacy on Grade VIII Students,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 335, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/335/1/012067.
A. Mukhadis, “Sosok Manusia Indonesia Unggul Dan Berkarakter Dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup Di Era Globalisasi,” J. Pendidik. Karakter, vol. 4, no. 2, pp. 115–136, 2013, doi: 10.21831/jpk.v2i2.1434.
Etistika Y W, Dwi A S, and Amat N, “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan,” J. Pendidik., vol. 1, pp. 263–278, 2016, [Online]. Available: http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Partnership for 21 st Century Skills, “Partnership for 21St Century Skills-Core Content Integration,” Ohio Dep. Educ., p. 1, 2015, [Online]. Available: www.P21.org.
Cartono, Metode dan pendekatan dalam pembelajaran sains. Bandung: PPS UPI, 2007.
F. E. Subekti and A. B. Kusuma, “Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Rasa Percaya Diri Mahasiswa,” Euclid, vol. 3, no. 1, pp. 430–446, 2017, doi: 10.33603/e.v3i1.321.
K. P. dan Kebudayaan, SALINAN LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 104 TAHUN 2014 TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH. 2014.
H. Budiono and M. Abdurrohim, “Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai,” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 8, no. 1, p. 119, 2020, doi: 10.36841/pgsdunars.v8i1.589.
S. Wahyuningsih, I. N. Karma, and A. K. Jaelani, “Pengaruh Komunikasi antara Guru dengan Siswa terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Gugus III Sekarbela Kota Mataram,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2c, pp. 887–893, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i2c.673.
B. Astuti and A. I. Pratama, “Hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 147–155, 2020, doi: 10.21831/jpipfip.v13i2.33757.
A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
D. P. Nasional, Panduan Pengembangan Bahan Ajar. 2008.
L. Tarhan, H. Ayar-Kayali, R. O. Urek, and B. Acar, “Problem-based learning in 9th grade chemistry class: ‘Intermolecular forces,’” Res. Sci. Educ., vol. 38, no. 3, pp. 285–300, 2008, doi: 10.1007/s11165-007-9050-0.
R. . Arends, Learning to teach, Ninth edit. 2012.
B. E. Johnson, Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Terjemahan Ibnu Setiawa. Bandung: Mizan Learning Centre (MLC), 2007.
Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
S. Zahrotin, Badarudin, and K. I. Eka, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Literasi Matematis,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 3, no. 1, pp. 131–140, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24242
S. Nurbaya, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Bermuatan Matematika Kelas VI SDN 19 Cakranegara,” PENDAGOGIA J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 106–113, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.educ3.org/index.php
N. Maulida, S. Sa’adah, and U. Ukit, “Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Pembelajaran Berorientasi TPACK Dengan Blended Learning Pada Materi Sistem Gerak,” J. BIOEDUIN Progr. Stud. Pendidik. Biol., vol. 11, no. 2, pp. 79–87, 2021, doi: 10.15575/bioeduin.v11i2.14313.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/16971171074