Systematic Review: Misconceptions and Remediation on Momentum and Impulse
Abstract
Full Text:
PDFReferences
M. Delgado-Rodríguez and M. Sillero-Arenas, “Systematic review and meta-analysis,” Med. Intensiva (English Ed., vol. 42, no. 7, pp. 444–453, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.medine.2017.10.012.
A. Pujianto, Nurjannah, and I. W. Darmadi, “Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus,” JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2013.
P. Suparno, Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Gramedia, 2013.
Soeharto, B. Csapó, E. Sarimanah, F. I. Dewi, and T. Sabri, “A Review of Students’ Common Misconceptions in Science and Their Diagnostic Assessment Tools,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 8, no. 2, pp. 247–266, 2019.
A. C. Anam and S. S. Edie, “Penerapan Strategi POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Memperbaiki Miskonsepsi Fisika Pada Sub Pokok Bahasan Arus Dan Tegangan Listrik Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Teuku Umar Semarang,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 4, no. 2, pp. 25–31, 2015.
G. Triyani, A. Danawan, I. Suyana, and I. Kaniawati, “An investigation of students’ misconceptions about momentum and impulse through interactive conceptual Instruction (ICI) with computer simulation,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1280, no. 5, 2019.
R. Arifin, E. Tandililing, and Hamdani, “Integrasi Remediasi Miskonsepsi Peserta Didik dengan Model Pembelajaran ECIRR Berbantuan PHET Simulation Momentum dan Impuls di SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 6, pp. 1–13, 2019.
Jamilah, H. T. M. Silitonga, and Hamdani, “Integrasi Remediasi Miskonsepsi Tentang Momentum dan Impuls Menggunakan Model ECIRR,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 10, pp. 1–11, 2019.
D. Hikmatunnisa, S. Sahala, and D. Mahmudah, “Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model Flipped Classroom Materi Impuls dan Momentum di SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 3, 2019.
R. A. Sani and R. Aulia, “Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training pada Materi Pokok Momentum dan Impuls di Kelas X SMA Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018,” J. Ikat. Alumni Fis. Univ. Negeri Medan, vol. 4, no. 3, pp. 16–21, 2018.
M. Effendi, S. Koes, S. Negeri, and P. Bondowoso, “Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMK,” J. Pendidik. Sains, vol. 4, no. 3, pp. 113–121, 2016.
N. P. W. Jayanti, S. Zulaikha, and I. K. Ardana, “Model Pembelajaran ECIRR Berbantuan Alat Peraga Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Sains Siswa,” J. Mimb. PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 2, no. 1, 2014.
A. Kurniawan et al., Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Penerbit Insania, 2021.
E. M. Ginting and M. A. Haibuan, “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor,” J. Penelit. Bid. Pendidik., vol. Volume 23, no. 1, pp. 56–61, 2017.
A. Samsudin, W. Liliawati, A. Dedy, E. Suhendi, and I. Kaniawati, “The Use of Computer Simulation in Cooperative Learning to Minimize Students ’ Misconceptions of Momentum and Impulse,” Int. Conf. Adv. Educ. Technol., vol. 14, no. 16, pp. 72–74, 2014.
M. Tawil and D. Rusdiana, “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer pada Topik Superposisi Gelombang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” J. Sains dan Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, pp. 108–119, 2011.
K. Becker and K. Park, “Effects of Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Subjects on Students’ Learning : A Preliminary Meta- Analysis.,” J. STEM Educ., vol. 12, no. 5&6, pp. 23–37, 2011.
E. Ultay, “Implementing react strategy in a context-based physics class: Impulse and momentum example,” Energy Educ. Sci. Technol. Part B Soc. Educ. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 233–240, 2012.
E. Ayu Maulida and Suliyanah, “Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Model Ecirr Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Momentum, Impuls, Dan Tumbukan,” J. Inov. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 3, pp. 202–205, 2016.
N. S. Alawiyah, Ngadimin, and A. Hamid, “Identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode indeks respon kepastian (IRK) pada materi impuls dan momentum linear di SMA negeri 2 banda aceh,” J. Ilm. Mhs., vol. 2, no. 2, pp. 272–276, 2017.
A. Hidayat, S. H. B. Prastowo, and B. Supriadi, “Identifikasi Miskonsepsi Momentum, Impuls dan Tumbukan melalui Tes Diagnostik Empat Tahap pada Siswa SMA Kelas XII,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2017.
D. M. Anggraeni and Suliyanah, “Diagnosis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test,” Inov. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 3, pp. 271–274, 2017.
N. E. Diyanahesa, S. Kusairi, and E. Latifah, “Development of Misconception Diagnostic Test in Momentum and Impulse Using Isomorphic Problem,” J. Phys. Theor. Appl., vol. 1, no. 2, pp. 145–156, 2017.
Z. Anggraini, I. K. Mahardika, and A. Harijanto, “Tingkat Miskonsepsi Siswa SMAN Jember Kelas X Pada Materi Momentum Dan Impuls Melalui Pendekatan Representasi Matematik Terintegrasi CRI,” FKIP e-PROCEEDING, vol. 3, no. 2, pp. 6–12, 2018.
I. K. Mahardika, Z. Anggraini, A. Doyan, and I. W. Sugiartana, “Approach to Representation of CRI Integrated Mathematics and Verbal (R-MV) to Analyze Misconception of Momentum and Impuls Materials,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 2, pp. 232–237, 2020.
Y. Apriyanti, S. S. Sitompul, and M. M. S. Hidayatullah, “Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Strategi Predict , Discuss , Explain , Observe , Disucss , Explain ( PDEODE ) Tentang Momentum Dan Impuls Peserta Didik SMA Negeri 1 Selimbau,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 10, no. 5, pp. 1–10, 2021.
I. Kaniawati, G. Triyani, A. Danawan, I. Suyana, A. Samsudin, and E. Suhendi, “Implementation of Interactive Conceptual Instruction ( ICI ) With Computer Simulation : Impact of Students ’ Misconceptions on Momentum and Impulse Material,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-BiRuNi, vol. 10, no. 1, pp. 1–17, 2021.
R. Istiyani, A. Muchyidin, and H. Rahardjo, “Analisis Miskonsepsi Siswa pada Konsep Geometri Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test,” Cakrawala Pendidik., vol. 37, no. 2, pp. 223–236, 2018.
F. Mufit and A. Fauzan, Model Pembelajaran Berbasis Konflik Kognitif (PbKK) (Disertai Penerapan Untuk Remediasi Miskonsepsi pada Sains dan Matematika). Malang: CV IRDH, 2019.
F. Mufit, Festiyed, A. Fauzan, and Lufri, “The application of real experiments video analysis in the CCBL model to remediate the misconceptions about motion’s concept,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1317, no. 1, 2019.
F. Mufit, “The study of misconceptions on motion’s concept and remediate using real experiment video analysis,” Asean Comp. Educ. Res. Netw. Conf., pp. 1–7, 2018.
A. D. Sutrisno, A. Samsudin, W. Liliawati, I. Kaniawati, and E. Suhendi, “Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Pemahaman Siswa tentang Konsep Momentum Dan Impuls,” J. Pengajaran MIPA, vol. 20, no. 1, pp. 38–42, 2015.
Soeharto, “Implementation of Text Transformation in Physics Education To Reduce Students’ Misconception,” J. Educ. Teach. Learn., vol. 1, no. 2, pp. 56–60, 2016.
I. Kaniawati, “Pengaruh Simulasi Komputer Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls-Momentum Siswa SMA,” J. Pembelajaran Sains, vol. 1, no. 1, pp. 24–26, 2017.
H. Nurpatmawati, N. Islami, and Fakhruddin, “Analisis Perubahan Tingkat Konsepsi Sains Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X MAN 1 Pekanbaru,” J. Online Mhs. Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 1–9, 2017.
I. N. Sugiana, A. Harjono, H. Sahidu, and G. Gunawan, “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 61–65, 2017.
T. S. Sandi, Festiyed, Y. Darvina, and W. S. Dewi, “Pengaruh LKS Berorientasi Concept Attainment pada Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA,” Pillar Phys. Educ., vol. 12, no. 3, pp. 409–416, 2019.
H. T. M. Silitonga, T. Djudin, E. Oktavianty, and Rooshardini, “The Implementation of Integrated Remediation with Conceptual Interactive Learning on Momentum and Impulse in Senior High School,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1171, no. 1, 2019.
L. Puspitasari, B. Astuti, and M. Masturi, “Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan,” Phys. Educ. Res. J., vol. 2, no. 2, pp. 69–82, 2020.
S. Hasan, D. Bagayoko, and E. L. Kelley, “Misconceptions and the certainty of response index (CRI),” Phys. Educ., vol. 34, no. 5, pp. 294–299, 1999, doi: 10.1088/0031-9120/34/5/304.
A. N. Santoso and W. Setyarsih, “Literatur Review Miskonsepsi Fisika Peserta Didik SMA dan Instrumen Diagnostiknya,” J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, vol. 9, no. 1, pp. 34–44, 2021.
I. Rosita, W. Liliawati, and A. Samsudin, “Pengembangan Instrumen Five-Tier Newton’s Laws Test (5TNLT) Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 6, no. 2, pp. 297–306, 2020.
U. Muflihatin, N. Islami, and F. Z, “Improving The Understanding Of Concepts Of Momentum and Impuls of Students by Implementation of Evidence Based Learning Models in Class X Senior High School,” J. Geliga Sains Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, pp. 138–145, 2019.
I. N. Khomaria and H. Nasrudin, “Penerapan Model Pembelajaran Ecirr Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI MIA Di SMA Negeri 1 Pacet,” Unesa J. Chem. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 98–106, 2016.
Yulia, H. T. M. Silitonga, and E. Oktavianty, “Pengambangan Bahan Bacaan Refutation Text Sebagai Media Untuk Meremediasi Miskonsepsi Materi Momentum dan Impuls,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 9, pp. 1–14, 2018.
G. M. Sinatra and S. H. Broughton, “Bridging reading comprehension and conceptual change in science education: The promise of refutation text,” Read. Res. Q., vol. 46, no. 4, pp. 374–393, 2011.
F. S. Budi, Hairida, and R. Muharini, “Pengaruh Penyediaan Bacaan Berbentuk Refutation Text untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Tentang Konsep Asam Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pontianak,” J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 154–159, 2014.
R. Defrianti, F. Mufit, Gusnedi, W. S. Dewi, and Z. Hidayat, “Design of Cognitive Conflict-Based Teaching Materials Integrating Real Experiment Video Analysis on Momentum and Impulse to Improve Students’ Concept Understanding,” Pillar Phys. Educ., vol. 14, no. 2, pp. 97–108, 2021.
W. Hastuti, S. Suyono, and S. Poedjiastoeti, “Reduksi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Reaksi Redoks Melalui Model ECIRR,” J. Penelit. Pendidik. Kim. Kaji. Has. Penelit. Pendidik. Kim., vol. 1, no. 1, pp. 78–86, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/15637171074