Literature Review: Syntax of the Inquiry Learning Model on Student Attitudes and Character

Ahmad Nawahdani - Universitas Jambi
Astalini Astalini - Universitas Jambi
Dwi Kurniawan - Universitas Jambi

Abstract


Student attitude and character is an important aspect which is one of the assessment criteria in educational units, especially in the 2013 curriculum. The purpose of this research is to find out the need for a modification of the syntax of the inquiry learning model in an effort to improve student attitudes and character. This type of research is descriptive qualitative research with data collection methods in the form of documentation studies. The data source for this research comes from relevant sources related to the inquiry learning model in the form of scientific articles, journals and other documents. This study focuses on the application of the syntax of the inquiry learning model in an effort to improve students' attitudes and character. Based on the results of the document study, it can be concluded that the application of the syntax of the inquiry learning model is not fully in line with the demands of the 2013 curriculum which emphasizes assessing student attitudes and character. So there is a need for a modification of the syntax of the inquiry learning model in which the steps or learning process can improve students' attitudes and character.

References


I. Bararah, “Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah,” J. MUDARRISUNA, vol. 7, no. 1, pp. 131–147, 2017, [Online]. Available: https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913.

W. Astuty and A. W. B. Suharto, “Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, p. 81, 2021, doi: 10.36667/jppi.v9i1.624.

W. N. Aji, “Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia,” Kaji. Linguist. dan Sastra, vol. 1, no. 2, p. 119, 2016, doi: 10.23917/kls.v1i2.3631.

M. K. Nasution, “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Corresspondence: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. E-mail,” Stud. Didakt. J. Ilm. Bid. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 9–15, 2017.

S. K. Tiara and E. Y. Sari, “Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sdn 1 Watulimo,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 11, no. 1, p. 21, 2019, doi: 10.17509/eh.v11i1.11905.

L. M. Fahri and L. A. H. Qusyairi, “Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran,” Palapa, vol. 7, no. 1, pp. 149–166, 2019, doi: 10.36088/palapa.v7i1.194.

M. I. Kurniawan, “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar,” Pedagogia, vol. 4, no. 1, pp. 41–49, 2015.

G. N. Insani, D. Dewi, and Y. F. Furnamasari, “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, p. 8154, 2021.

R. Jundu, P. H. Tuwa, and R. Seliman, “Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 2, pp. 103–111, 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111.

A. Asni, W. Wildan, and S. Hadisaputra, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon Pada Kelas XI PMIPA SMAN 1 WOHA Tahun Ajaran 2019/2020,” Chem. Educ. Pract., vol. 3, no. 1, pp. 17–22, 2020, doi: 10.29303/cep.v3i1.1450.

H. Pramono and Nana, “Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry,” Diffraction, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2019.

N. K. D. Muliani and I. M. C. Wibawa, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 107–114, 2019.

E. Prihatini, “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa,” J. Form., vol. 7, no. 2, pp. 171–179, 2017, doi: 10.24853/instruksional.1.2.152-158.

Farida Rohayani, “Model Pembelajaran Inkuiri untuk Pendidikan Anak Usia Dini,” Golden Age J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 43–52, 2018.

W. Widada, “Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 1, no. 2, pp. 163–172, 2016.

A. Asyafah, “MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam),” TARBAWY Indones. J. Islam. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 19–32, 2019, doi: 10.17509/t.v6i1.20569.

I. Fenica, I. W. Muderawan, and P. Widiartini, “Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 1, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.23887/jpk.v1i1.12807.

P. T. Ulansari, I. Ansori, and Yennita, “Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa,” Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 2, no. 1, pp. 27–33, 2018, doi: 10.36085/mathumbedu.v9i2.3213.

Y. Abidin, Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama, 2014.

D. G. Lestari and H. Irawati, “Literature review : peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa pada materi biologi melalui model pembelajaran guided inquiry,” Bioma, vol. 2, no. 2, pp. 51–59, 2020.

H. Z. Maulidya, N. Aprilia, and Y. Hanafi, “Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Model PBL Pada Pembelajaran IPA Biologi,” J. Biol. Learn., vol. 3, no. 2, pp. 55–64, 2021, doi: 10.32585/jbl.v3i2.1526.

N. Hamidah, S. Haryani, and S. Wardani, “Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 12, no. 2, pp. 2212–2223, 2018.

I. M. T. Murningsih, M. Masykuri, and B. Mulyani, “Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia siswa,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 2, pp. 177–189, 2016, doi: 10.21831/jipi.v2i2.11196.

M. Mahmudah, “Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran,” J. Kependidikan, vol. 6, no. 1, pp. 53–70, 2018, doi: 10.24090/jk.v6i1.1696.

W. M. Hosnah, Sudarti, and Subiki, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA,” J. Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 2, pp. 190–195, 2017.

Kemendikbud, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud, 2013.

M. Arisandy, N. Nurhasanah, and A. K. Jaelani, “Pengaruh Metode Inquiry Training terhadap Sikap Sosial Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPS,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2b, pp. 717–722, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i2b.582.

A. J. Khoiriyah, S. Zubaidah, and I. Syamsuri, “Penerapan Inkuiri Terpimpin Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pengetahuan Siswa Kelas VII,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 2, no. 3, pp. 409–415, 2017.

H. Juhdy, “Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Termokimia: Perubahan Entalpi di Kelas XI IPA-1 Semester I SMAN 1 Palibelo Tahun Pelajaran 2019/2020,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 2, no. 2, pp. 46–62, 2022, doi: 10.53299/jppi.v2i2.221.

N. W. Juniati and I. W. Widiana, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 20–29, 2017.

F. S. Sundari and E. Indrayani, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” J. Pendidik. dan Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 02, no. 02, pp. 72–75, 2019, [Online]. Available: https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/1449/1205.

R. A. Gani, R. Purnamasari, and F. Mujahidah, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam,” J. Elem. Kaji. Teor. dan Has. Penelit. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 170–174, 2022.

G. A. P. U. Parwati, N. K. Rapi, and D. O. Rachmawati, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma,” J. Pendidik. Fis. Undiksha, vol. 10, no. 1, pp. 49–60, 2020, doi: 10.23887/jjpf.v10i1.26724.

C. O. Pratiwi, A. Sujana, and A. K. Jayadinata, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana,” J. Pena Ilm., vol. 2, no. 1, pp. 291–300, 2017, doi: 10.33369/diklabio.1.1.100-104.

M. T. Hanib, Suhadi, and S. E. Indriwati, “Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis DAN Karakter Siswa Kelas X,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 2, no. 1, pp. 22–31, 2017.

R. A. Siregar, “Validitas Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Inkuiri Melalui Kolaborasi Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Siswa pada Ranah Psikomotorik,” J. Educ. Dev., vol. 6, no. 2, pp. 18–24, 2018, [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Validitas+pengembangan+model+pembelajaran+kimia+SMA+berbasis+inkuiri+melalui+kolaborasi+kegiatan+laboratorium+untuk+meningkatkan+capaian+pembelajaran+siswa+pada+ranah+psikomotorik&btnG=.

W. Irmanita, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” EdArXiv, 2020, doi: 10.20961/bio-pedagogi.v7i1.35727.

J. Hamdayama, Model Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

I. Darimi, “Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah,” J. EDUKASI J. Bimbing. Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 30–43, 2016, doi: 10.22373/je.v2i1.689.

J. H. Prijanto and F. De Kock, “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 11, no. 3, pp. 238–251, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/15455171074