The Effect of E-Modules Context-Based on Students Science Communication Skill in Optical Tools and Global Warming
Abstract
References
T. Putra Wijaya, A. Triwijaya, F. Menix, and D. Desnita, “Meta-Analysis of The Effect of Problem Based Learning Model on Understanding Physics Concepts of High School Students,” J. Geliga Sains J. Pendidik. Fis., vol. 9, no. 1, p. 26, Jun. 2021, doi: 10.31258/jgs.9.1.26-34.
R. Ardiansyah, A. D. Corebima, and F. Rohman, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang,” Semin. Nas. Pendidik. dan Saintek, vol. 2016, p. 1, 2016.
Daryanto, “Menyusun modul: Bahan Ajar Guru dalam Mengajar,” 2013.
D. T. Andani and M. Yulian, “Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat,” J. IPA Pembelajaran IPA, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, Aug. 2018, doi: 10.24815/jipi.v2i1.10730.
Wijayanto and M. S. Zuhri, “Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” Pros. Math. Sci. Forum, pp. 625–628, 2014.
D. Ambarsari, “Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, no. 12, pp. 112–121, 2016.
S. Hamida and D. Desnita, “The Validity of Contextual-Based Physics Learning Videos to Improve Students’ 4C Skills,” Int. J. Progress. Sci. …, vol. 25, pp. 175–184, 2021.
M. Miswati, A. Amin, and E. Lovisia, “Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Macro Berbasis Problem Based Learning Materi Besaran dan Pengukuran Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X,” SILAMPARI J. Pendidik. ILMU Fis., vol. 2, no. 2, pp. 77–91, Dec. 2020, doi: 10.31540/sjpif.v2i2.984.
N. Urwani, M. Ramli, and J. Ariyanto, “Analisis dominasi komunikasi scientific pada pembelajaran biologi sekolah menengah atas Analysis of communications skill on biology learning high school,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 4, no. 2, p. 182, 2018.
A. A. Aeni, J. Arianto, and S. Santoso, “Studi Komparasi Capaian Keterampilan Komunikasi Siswa Antara Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum dengan Model Guided Discovery pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017,” Proceeding Biol. Educ. Conf., vol. 14, no. 1, pp. 340–346, 2017.
Sarwanto, “Peran Komunikasi Ilmiah Dalam Pembelajaran IPA,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Sains 2016, pp. 35–40, 2016.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013., Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah. 2013.
D. Desnita, F. Festiyed, F. Novitra, A. Ardiva, and M. Y. Navis, “The Effectiveness of CTL-based Physics E-module on the Improvement of the Creative and Critical Thinking Skills of Senior High School Students,” TEM J., vol. 11, no. 2, pp. 802–810, 2022, doi: 10.18421/TEM112-38.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendalaman Kualitatif, dan R & D. 2013.
Elis Ratnawulan & A. Rusdiana, Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Pustaka Setia, 2014.
A. Malik and Minan Chusni, Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
R. Ananda and M. Fadhli, Skatistik Pendidikan. 2018.
P. Studi et al., “Pengaruh E-Module Berbasis Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Terhadap,” 2015.
R. B. A. Pribadi, “Media dan Teknologi dalam Pembelajaran,” Jakarta: Kencana, p. 147, 2017.
R. Puspitasari, D. Hamdani, and E. Risdianto, “Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma,” J. Kumparan Fis., vol. 3, no. 3, pp. 247–254, 2020, doi: 10.33369/jkf.3.3.247-254.
N. Feriyanti, “Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD,” Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 1–12, 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/14315171074