Design of Cognitive Conflict-Based Teaching Materials Integrating Real Experiment Video Analysis on Momentum and Impulse Materials to Improve Students' Concept Understanding
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Tayubi, Y.R. 2005. Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan CRI (Certainty of Response Indeks). Mimbar Pendidikan, 3(24): 4-9.
Masril, M. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Graphic Organizers Melalui Belajar Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 01(1), 1-7.
Maulida, E. A., & Suliyanah. (2016). Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Model Ecirr Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Momentum, Impuls, Dan Tumbukan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 05(03), 202–205.
Sutrisno, A.D., Samsudin, A., Liliawati, W., Kaniawati, I., & Suhendi, E. (2015). Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS ) Dan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Momentum Dan Impuls. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 38–42.
Mufit, F., Fauzan, A. 2019. Model Pembelajaran Berbasis Konflik Kognitif (PbKK) Disertai Penerapan untuk Remediasi Miskonsepsi pada Sains dan Matematika. Malang: CV. IRDH.
Mufit, F., Festiyed, A, Fauzan, & Lufri. 2019. The Application of Real Experiments Video Analysis in the CCBL Model to Remediate the Misconceptions about Motion’s Concept. Journal of Physics: Conference Series 1317 012156.
Delvia, T, F Mufit & M Bustari. (2020). Design and Validity of Physics Teaching Materials Based on Cognitive Conflict Integrated Virtual Laboratory in Atomic Nucleus. Pillar of Physics Education, Vol 14. No 4, 2020, page 548–557.
Luthfi, I., Mufit, F., Rosiana, M., & Putri, N. (2020). Design of Physics Teaching Material Based On Cognitive Conflict Learning In Direct Current Electricity Integrating Virtual Laboratory. Pillar of Physics Education, Vol 14. No 4, 2020, page 558–567.
Asrizal, Yohandri, & Kamus, Z. (2018). Studi Hasil Pelatihan Analisis Video dan Tool Pemodelan Tracker pada Guru MGMP Fisika Kabupaten Agam. Jurnal Eksata Pendidikan, 2(1), 41–48.
Riduwan. 2012. Pengantar Statistika ( Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis). Bandung: Alfabeta.
Aiken, L.R. 1985. Three Coefficients For Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement. 45, 131–141.
Mufit, F., Asrizal, Hanum, S. A., & Fadhilah, A. (2020). Preliminary research in the development of physics teaching materials that integrate new literacy and disaster literacy. In Journal of Physics: Conference Series, vol. 1481, no. 012041
Hendriansyah, I., Zainuddin & Mastuang. 2018. Penerapan model generative dalam pembelajaran fisika untuk mengatasi hasil belajar dan miskonsepsi siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 336–344.
Mufit, F., Asrizal, A., & Puspitasari, R. (2020). Meta-Analysis of the Effect of Cognitive Conflict on Physics Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 267–278.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dikjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Yuli, F., Mufit, F. (2021). Disain dan Validitas Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Mengintegrasikan Virtual Laboratory pada Materi Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA / MA. Pillar of Physics Education. Vol 7. No 1, 2021, page 101–112.
Hanum, S A, F Mufit. & Asrizal. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Konflik Kognitif Terintegrasi Literasi Baru Pada Materi Fluida Untuk Siswa Kelas XI SMA. Pillar of Physics Education. Vol 12. No 4, 2019, 793–800.
Yunita, I. E., Hakim, L. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Karakter Pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akutansi. Vol 2 No 2.
Fadhilah, A. F. Mufit. & Asrizal. (2020). Analisis Validitas dan Praktitikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Konflik Kognitif Pada Materi Gerak Lurus dan Gerak Parabola. Pillar of Physics Education, Vol 13. No 1, 2020, 57–64.
Yulia, Y., Maria Silitonga, H.T., Oktavianty, E. (2018). Pengembangan Bahan Bacaan Refutation Text Sebagai Media untuk Meremediasi Miskonsepsi Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(2).
Khairunnisa, H., Kamus, Z., Murtiana. (2018). Analisis Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Konten Kecerdasan Social pada Materi Gerak Parabola, Gerak Melingkar dan Hukum Newton untuk Kelas X SMA. Pillar of Physics Education, Vol 11. No 2, 121–128.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/11155171074