INFLUENCE OF JIGSAW MODEL WHICH COMBINED WITH PAPER OPERAND IDEA TECHNIQUE FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arnold, RM., Prijana., Sukaesih. 2015. “Potensi Membaca Buku Teks”. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Vol. 3. No.1 : 81-88.
Asep Saiful Alfazr, Diah Gusrayani, Dede Tatang Sunarya. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1 No. 1: 111-120.
Gunawan. 2007. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian untuk Sekolah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi Konsep, Pemodelan, dan Pelatihan. Padang: UNP.
Majid, A. dan Firdaus A. 2014. Penilaian Autentic Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Interes Media.
Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu Isu Metodis dan Paradigmatic. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rakhmadhani, N. 2013. “Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournament Bermuatan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012’’. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 2 No. 4: 190-197.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawati. 2017. “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa”. Jurnal Unimed. Vol. 1 No. 1: 344-347.
Suprihatin, S. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indoneia Mahasiswa” Jurnal Promosi. Vol. 5 No. 1 : 84-94.
Tulus Pamuji Wicaksono, Muhardjito. Titik Harsiati. 2016. “ Pengembangan Penilaian Sikap Dengan Teknik Observasi, Self Assessment, dan Peer Assessment Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang”. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 1: 45-51.
Warnita. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Selemadeg Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 12 No. 2: 181-190.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.Wulandari, B., Arifin, F., Irmawati, D. 2015. “Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study”. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). Vol. 1 No. 1: 9-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.8049
DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.8049.g4699