The Development of Student Worksheet Based on Contextual Approach about Coordination System 11th Grade Senior High School

Nisa Mutia - Universitas Negeri Padang
Ganda Selaras - Universitas Negeri Padang
Rahmadhani Fitri - Universitas Negeri Padang
Ristiono Ristiono - Universitas Negeri Padang

Abstract


This research in general is aimed to develop student worksheet base on contextual approach on the coordination system for senior high school in grade 11 using metode of 4-D development. The subjects of this research is one of lecturer majoring in biology at Padang State University, two teachers of SMAN 3 Padang, and 30 students in grade 12 of SMAN 3 Padang as potential users of the product. Data that used in this research is primary data. Instrument of data collection in this research is a questionnaire of validity and practicalicity filled out by expert and students. The result for validity is 91,2% that criteria is very valid. Result for practicalicity from teacher is 90,5% that criteria is very practical and from stucent is 81,3% that criteria is practical.st


Keywords


student worksheet, contextual approach

Full Text:

Fullpaper

References


Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Dedi, A. P. 2017. “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Siswa SMP/MTs”. Skripsi tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Padang.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fitri, R. 2014. ”PengembanganLembar Kerja Siswa Biologi Berorientasi Pendekatan Kontekstual Pada Materi Pewarisan Sifat Untuk Kelas IX”. Tesis tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Padang.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press

Majid, A.2012. Perancangan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Marjan, Johari, et.al. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ma Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Guruan Ganesha. Vol 4. Program Studi Guruan IPA, Program Pascasarjana Universitas Guruan Ganesha Singaraja.

Muslich, Masnur. 2008. KTSP: pembelajaran berbasis kompetensidan kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Purwanto, N. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Purwati, dkk. 2015. ”Pengembangan Bahan Ajar Virus Berbasis Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA”.Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 4 No. 3, hal. 89-98.

Rahmi, M, Lufri, Zulyusri. 2017. “Pengembangan Modul Bernuansa Pendidikan Karakter yang Dilengkapi Mind Map pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk SMA”. Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 3 No.1, hal 33.

Salvina, Lufri, Zulyusri. 2014. “Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kompetensi Belajar Siswa di Kelas VIII.3 MTsN Lubuk Buaya Padang”. Jurnal Pendidikan , Vol.2 No.1, hal. 42.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi aksara.

Wahyuni. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Ilmiah Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa SMA Kelas XI IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Guruan Universitas Riau.

Widyantini, T. 2008. Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenapa Kependidikan (PPPPTK) Matematika




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v5i1.7119

DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v5i1.7119.g3815