COMPARISON OF GIVING MIND MAP AS A RECITATION AND GIVING QUESTION THAT START TALKING STICK LEARNING COOPERATIVE MODEL TO BIOLOGY COMPETENCIES
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Ariasmini, Nyoman. 2017. Penerapan Metode Resitasi dalam Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Tejakula Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Vol. 10, No.2: 1-10.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Chomaidi dan Salamah. 2010. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Fathurrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hartati, Nila. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick (Tongkat Berbicara) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. J. Pijar MIPA.Vol.VIII,No.1:1-6.
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Nasional. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdiknas.
Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdiknas. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nasional Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdiknas.
Leliavia, Mimien Henie Irawati Al Muhdhar dan Hadi Suwono.2017. Pengarug Penerapan Pembelajaran ARIAS dipadu Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 2 ,No. 4, Hal : 569-574.
Lufri.2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.
Misnawati. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas VIIa SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. JPF. Vol. 1 (3) : 226 –235 [serial on line]. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/ jpf / article / view/174/pdf_16.
Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahman, Taufik. 2002. Efek Pertanyaan Pengarah dalam Pembelajaran Sains terhadap Penguasaan Konsep pada Siswa SLTP. Educare Jurnal Pendidikan dan Budaya.Vol. 1, No. 1: 12-18.
Silviana, Shinta. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Skripsi. Padang: FIS Universitas Negeri Padang.
Slavin.Robert E. 2009. Cooperative Lerning. Bandung: Nusa Media.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
_____________. 2010.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
_____________. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Swadarma, Doni. 2015. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Tony dan Barry. 2004. Memahami Peta Pikiran. Batam Centre: Interiksa.
Trianto.2012.Mendesain Model Pembelajaran Inofatif. Jakarta: Kencana Prenada.
Wibisono, Susilo. 2017. Pembelajaran Kooperatif Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi, Empati dan Perilaku Bekerjasama. Journal of Psychological Research. Vol. 3,No. 1: 1-10.
Wibowo, Wahyu. 2016. Penerapan Pembelajaran Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Teori Transmisi di SMK Negeri 1 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Widodo, A. 2006. Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.4(2):139-148.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.7030
DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.7030.g4695