Relation of Students’ Perceptions towards Teacher’s Learning Strategies with Biology Learning Cognitive Competencies of Grade X Students at SMAN 3 Pariaman

Imelda Khairani -
Relsas Yogica -
Sa'diatul Fuadiyah -
Lufri Lufri -

Abstract


This research was a descriptive research that aims at investigating how the level of students’ perceptions towards teacher’s learning strategies with Biology learning competencies of Grade X Students at SMAN 3 Pariaman. This study was conducted by distributing perception questionnaires of teacher’s learning strategies. The questionnaire consisted of 20 statements. It has been validated by a Biology Lecturer of UNP and a Biology Teacher who teach in SMAN 3 Pariaman. Data analysis of this study used calculation of score distribution and correlation analysis which can be used as descriptive analysis. Based on the findings, the result found that the students’ perceptions level towards teacher learning strategies was classified in a good category with percentage 83% , while the data of learning competencies was in a good category, that was 65.59, and there was a positive relation of perception towards teacher learning strategies and Biology learning cognitive competencies of students in SMAN 3 Pariaman. Relation of students’ perceptions towards teacher learning strategies with students’ competencies in learning biology was very weak with percentage 4.0%.


Keywords


(Perceptions, Teachers’ Learning Strategies, Learning Competencies)

Full Text:

Fullpaper

References


Amirono, M. T., dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta. Gava Media.

Arifin Hadi S, Ikhsan F, dan Engkus K. 2017. Analisis Faktor yang mempengaruhi Persepsi Mahasiswa UNTIRTA terhadap Keberadaan PERDA Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik. Vol 21: No. 1.

Arikunto,S. 2012. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________. 2009. Dasar - dasar Evalusi Pendidik Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmansyah dan Regina Ade D. 2017. Strategi Pembelajaran. Bukitinggi: Rumah Kayu Pustaka Umum.

Depdiknas. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh Model Silabus Biologi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah dan Syaiful B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Muhammad A. 2018. Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Materi dan Strategi Pembelajaran serta Hubunganya dengan Capaian Pembelajaran pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan Di Jurusan Biologi FMIPA UNP. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanifah dan Cucu S. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Latisma. 2011. Evaluasi Pendidikan. padang: UNP Press.

Lufri. 2004. Sumbangan Efektif Berpikir Kritis, Persepsi, Minat dan Sikap terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Triadik. Vol. 8: No. 1.

____. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

____.2009. Pendidikan dan Pengajaran Biologi Bernuansa IESQ. Padang: UNP Press.

Masfah, J. 2015. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Mulyana, A, Soleh H dan Sholih. 2013. Hubungan antara Persepsi, Minat, d an Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn. Jurnal pendidikdan kebudayaan. Vol. 19: No.2.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Najichun,M dan Widodo W. 2016. Hubungan Persepsi Siswa tentang Guru Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 15: No.2.

Nugraha, U. 2015. Hubungan Persepsi, Sikap dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa. Vol 1: No.1.

Purwanto, N. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, T dan Daryanto. 2015. Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputra, D. 2014. Hubungan Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Mata Diklat Las dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 8 Padang. Jurnal Penelitian. Padang: Universitas Negeri Padang.

Segala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sigala, L. 2016. Hubungan Persepsi Siswa tentang Cara Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa yang Pernah Mengikuti Remedial Kimia Di SMA ITCI Penjamah Paser Utara (Khusus Siswa-Siswi Ilmu Pengetahuan Alam). Jurnal Psikoborneo. Vol 4: No. 1.

Sisdiknas Nomor 20. 2003. Ketentuan Umum Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Siregar, E dan Hartini N .2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarisman. S. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea. Vol 2: 29-35.

Sudjana. 2010. Starategi Pembelajaran. Bandung: Falah.

______. 2005. Metode Statistik. Jakarta: Tarsito.

Sudijono, A. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. 2012. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suyono dan Harianto.2014. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Bumi Aksara.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v5i1.6732

DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v5i1.6732.g3807