LEARNING CYCLE 5E MODEL EFFECT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S LEARNING COMPETENCIES
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Agustyaningrum. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Yogyakarta.
Cholistyana, Ika Eliza. 2014. Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Fikri, Refsya Aulia. 2018. Pengaruh Implementasi Pendekatan Kontruktifisme melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 12 Padang. Bioeducation Journal. 2(2): 208-217.
Kusnandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Lufri, Yuslidar Yunus dan Sudirman. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP.
Lufri dan Ardi. 2015. Metodologi Penelitian. Padang: UNP.
Muhammad, Hamid. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pratiwi dan Supardi. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Fluida Stasis Siswa Kelas X SMA”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 3(2): 143-148.
Qarareh. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal Education Science. 4(2): 123-132.
Rejeki, Dwi Putri., Muhammad Hasan, dan Abdul Gani Haji. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peserta Didik SMAN 1 Krueng Barona Jaya”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(1): 19-26.
Sari., Mulyani., dan Utami. 2013. Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) dengan Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1): 1-6.
Sayuti, Irda Rosmaini dan Sri Andayannhi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Pekan Baru. Skripsi. Pekan Baru: Universitas Riau.
Utari, Alfiani., Feranie., Aviyanti., Sari., and Hasanah. 2013. Application of Learning Cycle 5E Model Aided Cmaptools-Based Media Prototype to Improve Student Cognitive Learning Outcomes. Applied Physics Research. 5(4): 69-76.
Wiastuti, I Gst., Ayu Pt, I Ngh. Suadyana dan Rini Kristiantari. 2014. Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Budi Utomo. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.6158
DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.6158.g4693