The Influence of Student Team Achievement Divisions (STAD) Learning Model Containing Science Literacy on Student’ Learning Competencies at SMAN 1 V Koto Kampung Dalam
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Arimadona, S. 2017. Pengaruh penerapan Model pembelajaran Koopeartif Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Hasil Belajar Biologi, Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 1 (1), 172-78
Arohman, M., Saefudin dan D. Priyandoko. 2016. Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, 3 (1), 90-92
Bagiarta, K dan Suardana. 2015. “Komprasi Literasi Sains Antara Siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa SMP”. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5 (2), 1-11.
Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
Lukum, A. 2015. Sains untuk Semua. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru besar Tetap dalam Bidang manajemen Pendidikan IPA pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, disampaikan di Hadapan Rapat Senat Terbuka Universitas Gorontalo pada 13 Juni 2015.
Majid, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media.
Novidsa, I., Syamsurizal dan R. Darusyamsu. 2017. Peningkatan Kompetensi Sikap Peserta Didik Dengan Penerapan Strategi Learning Community Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII Di SMPN 12 Padang. Bioeducation Journal, (I) 2, 87-96.
Nurjanah, S., Suratno dan S. Aprilya. 2014. Pengaruh Model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) Dengan Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012, Pancaran, 3 (1), 1-14
.
Nurmah.2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Siswa Tentang Biologi Dikelas VII SMP Negeri 6 Banawa, Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (1), 86-93.
OECD. 2015. Pisa 2015 Result In Focus.New York: Columbia University.
Roslimah. 2014. Penerapan Model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) Untuk meningkatkan hasil Belajar dan Kemampuan Pemetaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem, Jurnal EduBio Tropika, 2 (2) 187-250.
Salamah, U. 2018. Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi, 02 (1), 274-293.
Septiani, V., Syamsurizal dan R. Darusyamsu. 2017 Peningkatan Kompetensi Keterampilan Peserta Didik dengan Penerapan Strategi Learning Community melalui Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di SMPN 12 Padang, Bioeducation Journal, (I) 2, 117-126.
Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Tanggerang: Graha Ilmu.
Suntari, Y.2012. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25 (14), 7-15.
Taniredja, T. 2014. Model – Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Widimulya, I. 2018. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions ) Pada Materi Virus Kelas X MAN 2 Aceh Barat, jurnal Bioedu, 1 (1), 1-13.
Willdan.2017. “Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan di Sekolah Atau Madrasah”. Jurnal Tatsqif. 15 (2), 131-153.
Yuliati, Y. 2017.Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2), 1-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i2.5906
DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i2.5906.g3049