The Effect of Teams Games Tournamenty (TGT) Models Containing Science Literacy on Student’s Learning Competencies in Respiratory System Human Material
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Ambarini, N. 2010. Penerapan Pembelajaran Aktif Card Sort Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol. 1 (1): 1-17.
Astrissi, Denta. 2014. Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Teka Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2012/2013
B.Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Bagiarta, I Nyoman. 2015. ‘’Komparasi Literasi Sains antara Siswa Yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI (Grup Investigation) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiry) ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa SMP’’. e-Jurnal Program Pascasarjana Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 5, 1-11.
Direktorat Pembinaan SMK. 2017. Materi Strategi Literasi dalam Pembelajaran Di SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Elmanazifa, Sintia. 2018. “ Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (BPL) Bermuatan Litersi Sains terhadap Kompetensi Siswa SMAN 1 Lubuak Alung”. Bioeducation Jurnal,2(1),1-10
Lufri. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: Universitas Negeri Padang Press.
Rakhmadhani, Nurul. 2013 ‘’ Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournament Bermuatan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012’’. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 190-197.
Septiani, Vina. 2017. “ Peningkatan Kompetensi Keterampilan Peserta Didik dengan Penerapan Strategi Learning Community melalui Model Pembalajaran Jigsaw Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di SMPn 12 Padang”. Bioeducation Jurnal,2(1),117-126
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sunarti dan Rahmawati, S. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi Offset.
Syahrir. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMp (Studi Eksperimen di SMP Darul Hikmah Mataram). Jurnal Prosiding. ISBN: 978-979-16353-8-7.
Wijayanti, Astuti. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA’’. Jurnal Pijar MIPA. 9(1), 15-21
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i1.4981
DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i1.4981.g2816