ETHNOBOTANY Melaleuca cajuputi (sub-species cumingiana) BETWEEN THE SABUHUR RIVER AS A POPULAR SCIENTIFIC BOOK
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Andarini, T. Masykuri, M. & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran Biologi Mengunakan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar:Jurnal Inkuiri 2(1): 93-104.
Andira, N. Noorhidayati, & Riefani, M.K (2021). Kelayakan Buku Panduan Lapangan “Keanekaragaman Pohon di Lingkungan Kampus Universitas Lambung Mangkurat sebagai Sumber Belajar Mandiri Konsep Keanekaraman Hayati. Wahana-Bio, 13(1), 19-30.
Apituley, D.A.N. Leiwakabessy, J. Nanloh, E.E.E.M. (2014). Pemanfaatan Asap Cair Kayu Putih (Melaleuca cajuputi) Sebagai Antioksidan Dalam Pengolahan Ikan Tuna Asap. Jurnal Chimica et Natura Acta, 2(2), 145-151.
Aryani, F. Noorcayati. & Arbainsyah. (2020). Pengenalan Atsiri (Melaleuca cajuputi): Prospek Pengembangan, Budidaya dan Penyulingan. Jurusan Tteknologi Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Samarinda.
Astuti, N. Kaspul. & Riefani, M.K. (2022). Validitas Modul Elektronik “Pembelahan Sel” Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Eksakta Pendidikan, 6(1), 94-102.
Aulia, D. Kaspul. & Riefani, M.K. (2021). Google Site as a Learning Media in the 21st Century on the Protist Concept. BIO-INOVED, 3 (3): 173-178.
BP2LHK. (2019). Galam, Tumpuan Hidup Masyarakat di Marabahan, Barito Kuala. https://www.menlhk.go.id/.
Brophy J.J., Craven L.A. and Doran J.C. (2013). Melaleucas: their botany, essential oils and uses. ACIAR Monograph 156. Australian Centre for International Agricultural Research: Canberra. 415 pp.
Dharmono. (2007). Dampak Tumbuhan Gelam (Melaleuca cajuputi Powell) Terhadap Struktur Dan Komposisi Vegetasi Lahan Gambut (Studi Kasus Terhadap 4 Lahan Gambut Di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan). Jurnal Bioscientiae, 4(1), 19-28.88888.
Dharmono. (2018). Bahan Ajar Etnobotani. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
Dharmono. Mahrudin. & Riefani, M.K. (2019). Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-INOVED, 1 (2): 105-110
Dianto. (2019). Penulisan Ilmiah Murni dan Populer. Al-Mau’izhah, 5(1), 85-101
Doran, J.C. & Gunn, B.V. (1994). Exploring The Genetic Resources of Tropical Melaleucas. Forest Genetic Resources. 22: 1-13.
Fanny, Mahya, & Suardiman. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1-9.
Hariana. (2006). Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Seri 2. Jakarta: Penerbit Swadaya.
Hera, R., Khairil, & Hasanuddin. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk meningkatkan pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2( 2): 187-250.
Hidayati, N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Topik Energi Dalam Sistem Kehidupan Di Madrasah Tsanawiyah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Vol. 2(2): 389-399. DOI https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3283.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Ghalia Indonesia.
Karim. (2003). Potensi Hutan Galam dan Pemanfaatannya di Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru. Fakultas Kehutanan Unlam, Banjarbaru.
Khairoh. L. Rusilowati, A. & Nurhayati, S. (2014). Pengembangan Buku Cerita IPA Terpadu Bermuatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Tema Pencemaran Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2), 519-527.777.
Kurniawan, F. H., Istiningrum, R., & Nuha, S. A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Kecakapan Hidup pada Materi Sistem Indera Manusia Untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(4), 338-341.
Lepiyanto, A. & Pratiwi, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Matakuliah Biologi Umum. Bioedukasi, Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 6(1),22-29.
Lestari, E., M. A. Soendjoto., & Dharmono. (2016). Kepraktisan Bahan Ajar Reptilia Di Kawasan Wisata Air Terjun Bajuin Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah Tahun 2016 Jilid 2: 710-712.
Liliasari. (2009). Inovasi Pembelajaran Sains Menuju Profesionalisme Guru. Program Studi Pendidikan IPA. Diakses melalui: http://file.upi.edu. Pada tanggal 6 Agustus 2021.
Mahrudin. & Dharmono. (2018). Pengembangan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Kawasan Tepi Sungai Maluka Kabupaten Tanah Laut Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, Vol. 3 (2). 563-56. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Martin, G. J. (1995). Etnobotani: Sebuah Manual Pemuliharaan Manusia dan Tumbuhan. Edisi Bahasa Melayu Terjemahan Maryati Mohamed. Sabah. Malaysia: Natural History Publications (Borneo) Sdn. Bhd. Kinabalu.
Mansur, A. (2010). Modul Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Laporan Karya Ilmiah. Bandung: PAAP FE-UNPAD.
Mulyadi. (2015). Tingkat Keterbacaan Reading Materials dalam Mata Kuliah Telaah Teks Bahasa Inggris STAIN Pamekasan. NUANSA, 12 (1): 121– 141.
Novana, T., Sajidan. & Maridi. (2014). Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal pada Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) dan Tumbuhan Paku (Pteridophyta). Jurnal Inkuiri. 3(2): 108-122.
Shavira, A.S. Dharmono, Riefani, M.K. (2022). Validity Of 3D Pageflip-Base Pocket Book About Pteridophyta In The Mangrove Area, Kurau District, South Kalimantan, Indonesia. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 7(1), 64-70.
Pohan, V.W. Dharmno. Riefani, M.K. (2022). Validity 3D Pageflip Pocket Book Containing Poaceae Spescies In Galam Vegetated SWAMP, Bati-bati District. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 7(2), 114-118.
Pratiwi, D. (2015). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 6(2), 13-25.
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode 7 yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto, Y. (1999). Peran dan Peluang Etnobotani Masa kini di Indonesia Dalam Menunjang Upaya Konservasi dan Pengembangan Keanekaragaman Hayati. Prosiding Seminar Hasil-hasil Penelitian Bidang Ilmu Hayat. Bogor: Pusat Antar Universitas Ilmu Hayat IPB.
Rahmi, F. Noorhidayati. & Riefani, M.K. (2020). The Validity of the Human Circulatory System Concepts Handout at Class XI IPA SMAN 6 Banjarmasin. BIO-INOVED, 2(1): 14-19.
Rahmi, B. Riefani, M.K. Utami, N.H. (2022). Validitas Buku Ilmiah Digital Keanekaragaman Tumbuhan Semak di Areal Reklamasi Pertambangan Batubara. EDUKATIF, 7(2): 114-118.
Resiani, N.K, Agung, A.A.G. & Jampel, I.N. (2015). Pengembangan Game Edukasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. E-journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1-10.
Riefani, M.K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan Keragaman Burung” di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Vidya Karya. Vol 34(2):193-204.
Riefani, M.K. & Mahrudin (2020). Validitas Panduan Lapangan (Field Guide) Matakuliah Zoologi Vertebrata Materi Aves. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah Vol 5 (3): 63-69.
Riefani, M.K. Badruzsaufari. & Dharmono. (2020). “The practicality of odonata handout in invertebrate zoology course,”. Phys. Conf. Ser, 1422 (1). doi: 10.1088/17426596/1422/1/012028.
Rimbawanto, A. Kartikawati, N.K. & Prastyono. (2017). Minyak Kayu Putih Dari Tanaman Asli Indonesia Untuk Masyarakat Indonesia. Ed. Hardiyanto, E. B & A. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Yogyakarta.
Rochma, V.A., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 pada Materi Bakteri untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 312-320.
Sarah, S. Dharmono. Riefani, M.K. (2022). Validity Level Of 3D Pageflip Pocket Book About Species On Cyperacea FamilyAt Galam Vegetated Swamp. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi. 7(1), 42-46.
Sarpani. M.A. Dharmono. Mahrudin. (2020). Validitas Buku Ilmuah Populer Etnobotani Tumbuhan Fagraea racemose Jack ex Wall. di Kawasan Hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut. Wahana-Bio, 12 (2): 94-103.
Savitri, E., Panjaitan, R. G. P., & Titin, P. (2016). Pengembangan Media E-Comic Bilingual Sub Materi Saluran Dan Kelenjar Pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5 (3), 1379-1387.
Setiawan, H & Qiptiyah, M . (2014). Kajian Etnobotani Masyarakat Adat Suku Moronene Di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea, 3(2), 107-117.
Setyosari. (2013). Ranah Kognitif Dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Setyono, Y. A., Karmin, S., & Daru Wahyuningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.1, 2338-0691.
Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (1):51-57. DOI https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57.
Suparman, M.A. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Supit, M.W.M, Dharmono & Riefani, M.K. (2021). Validitas buku saku famili Myrtaceae di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau berbasis 3D Pageflip. Oryza, 10(2), 19-25.
Suratsih. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Penelitian Unggulan UNY (Multitahun). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
Suryadarma. (2008). Diktat Kuliah Etnobotani. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Peserta didik SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 86-92.
Suswina, M. (2016). Hasil Validitas Pengembangan Bahan Ajar Bergambar Disertai Peta Konsep Untuk Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 Kelas XI. Ta’dib, 14(1), 44-51.
Tawil, M. & Liliasari. (2014). Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Tessmer, M. (1998). Meeting with The SAME to Design Multimedia Exploration Systems. Educational Technology, Research and Development, 49(2), 79-92.
Thomas, A.N.S.(1992). Tumbuhan obat tradisional. Yogyakarta: Kanisius.
Utami, N.H. & Riefani, M.K. Muchyar. Mirhanudin. (2017). The Measurement of Science Process Skills for First Year Students at Biology Education Departement. The 5th South East Asia Development Research (SEA-DR). Atlantis Press Conference Proceeding 100: 382-384.
Wardhani, R.R. Akhyar, O., & Prasiska, E. (2018). Analisis Skrining Fitokimia, Kadar Total Fenol-Flavonoid Dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Kulit Kayu Tanaman Galam Rawa Gambut (Melaleuca cajuputi roxb). Jurnal Al Ulum Sains dan Teknologi. 4(1), 39-45.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i3.13043