IMPLEMENTATION OF KURIKULUM 2013 (K13) USING SEMESTER CREDIT SYSTEM IN BIOLOGY AT SMART EKSELENSIA INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XII(2), 216–231.
Ahmadi, & Lestari, W. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Kooperatif Musik Ritmis Berbasis Multimedia di SMA Negeri 3 Pati. Catharsis : Journal of Arts Education, 1(2).
Ayeni, A. J., & Modupe, A. A. (2012). Improving Learning Infrastructure and Environtment For Sustainable Quality Assurance Practice in Secondary Schools in Ondo. International Journal of Research Studies in Education, 62–68.
Ayuk, S. (2016). Faktor-faktor Penghambat Guru Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta. Tata Arta, 2, 118–133.
BNSP. (2010). Sistem Kredit Semester Untuk Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah Dan Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Jakarta : BNSP.
Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sistem Belajar Moving Class di SMA. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Pembinaan SMA. (2017a). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Pembinaan SMA. (2017b). Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Koehler, M. ., Mishra, P., Ackaoglu, M., & Rosenberg, J. . (2013). The Technologycal Pedagogical Content Knowledge Framework For Teachers And Teacher Educators. Commonwealth Educational Media Centre for Asia.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
LKPP Univ. Hasanudin. (2011). Model Pembelajaran Kolaboratif Bagi Pendidikan. Makassar : Universitas Hasanudin.
Mach, E., & Málek, M. (2015). Pedagogical activities with gifted children on primary schools in the Czech Republic. 174, 2004–2011.
Mahirah. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). IDAARAH, I(36), 257–267.
Masnur, M. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual : Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. (F. Yustianti (ed.)). Jakarta : Bumi Aksara.
Milyasari. (2013). Pendidikan Biologi Berbasis Imtaq Sebagai Usaha Pembentukan Karakter Bangsa. Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang, 16.
Nyoman, D. (2013). Ilmu Pembelajaran : Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Purwanta, E. (2012). Upaya Meningkatan Eksplorasi Karier Anak Berkebutuhan Khusus. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2).
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
Reigeluth, C. . (1983). The Ellaboration Theory of Instruction. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associate Publisher.
Sofyan, A. (2006). Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi. Jakarta : UIN Jakarta Press.
Sukandi. (2020). Pengembangan Media Pendidikan Untuk Inovasi Pembelajaran di Pesantren. Edupedia, 5(1).
Zurinal, & Sayuti. (2006). Ilmu Pendidikan : Pengantar dan Dasar-dasar Pelaksanaan Pendidikan. Jakarta : UIN Jakarta Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i3.11606