CONCEPT ENRICHMENT OF BIODIVERSITY USING BUSH DIVERSITY BOOKLET IN MANGROVE AREA, ALUH-ALUH BESAR VILLAGE, BANJAR
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Alimah. (2019). Kearifan lokal dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia yang Literate dan Berkarakter untuk Konservasi Alam. Jurnal Pendidikan Hayat, 5(1), 1-9.
Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dikjen Dikdasmen.
Dharmono, Mahrudin, & Riefani, M. K. (2019). Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Biologi- Inovasi Pendidikan, 1(2), 105-110.
Dhea, D. (2019). Pengembangan Booklet Etnobotani Tanaman Kelor Sebagai SUmber Belajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di SMA Islam Raudhatul Falah BErmi Gembong Pati. In Doctoral Dissertation. Semarang: UIN Walisongo.
Fitri, A. J., Ristiono, Helendra, & Rahmi, Y. L. (2021, July). Development of Contextual-based Biology Booklet Containing Material on The Structure and Function of Plant Tissues for Junior High School Students. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(2), 110-114.
Handayani, T., & Yustiah, Y. (2014). Analisis Vegetasi Strata Semak Berdasarkan Cluster Lingkungan Abiotik di Sempadan Sungai Tepus Sleman, Yogyakarta sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X. Jurnal BIOEDUKATIKA, 2(1), 30-34.
Hardiansyah, Noorhidayati, & Mahrudin. (2018). Keragaman Jenis Vegetasi di Kawasan Rawa Tanpa Pohon Desa Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Sebagai Bahan Pengayaan Materi Kuliah Ekologi Lahan Basah. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 3, pp. 170-175. Banjarmasin.
Lee, J., Blackwell, S., Drake, J., & Moran, K. (2014). Taking a Leap of Faith : Redefinining Teaching and Learning in Higher Education Through Project-Based Learning. The Interdisciplinary Journal on Problem-Based Learning, 8(2), 19-34.
Liumah, M. (2017). Pengembangan Booklet Edukasi Berbasis Pengetahuan dan Sikap Sadar Sehat Reproduksi di Pondok Pesantren Mamba'ul Hisan Ihsyar Nganjuk. In Artikel Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT Rosda Karya.
Mbulu, & Suhartono. (2004). Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nirarita, E. C., Wibowo , P., Shanti, S., Padmawinata, Kusmarini, Syarif, M., Sinulingga , L. B. (1996). Ekologi Lahan Basah. In Buku Panduan untuk Guru dam Praktisi Pendidikan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Bogor (pp. 30-38). Bogor: Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian.
Nirmalinda, S. (2012). Komposisi dan Struktur Semak di Kawasan Perairan Tergenang Desa Takisung Kabupaten Tanah Laut. In SKRIPSI. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Paramita, R., Panjaitan, R. G., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. (JIPI) Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88.
Praswoto, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 162 - 169.
Rian, R. B. (2015). Pengembangan Booklet Sejarah Penemuan Hukum Masal. Jurnal Program Pendidikan Kimia, 30.
Rohmad, A. S., & Sriyanto. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK) Serta Kebencanaan Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Geografi SMA/MA Di Kabupaten Rembang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Salsabila, N., Dharmono, & Putra, A. P. (2021, July). Ethnobotany Study of Albizia procera in Tamiang Hill Forest of Tanah Laut Regency as a Popular Scientific Book. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(2), 80-87.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sulistina, B. A. (2016). Pengembangan Media Booklet Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Tumbuhan Kelas VII SMP/MTsN. In Skripsi. Lampung: IAIN Raden Intan.
Sullasri, M., Risdawati, & Susanti, D. (2014). Pengembangan Handout Bergambar yang Diawali Peta Konsep Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk SMP/MTSN. e-Journal Pelangi, 1(1), 1-7.
Tjitrosoepomo, G. (2013). Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3, 9-14.
Utami, W. (2016). Pengembangan Media Booklet Teknik Kaitan Untuk Peserta Didik Kelas X SMKN 1 Saptopsari Gunung Kidul. In Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wirakusumah, S. (2009). Dasar-Dasar Ekologi Bagi Populasi dan Komunitas. Jakarta: UI – Press.
Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan Aspek Materi dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 162-172.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i1.11588