FEASIBILITY OF THE POCKET BOOK OF ADDITIVE SUBSTANCE SUBMATERIALS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL AS A RESULT OF TESTING CARROT JUICE (Daucus carota L.) TO CHICKEN MEATBALLS’ SHELF LIFE AND ITS ORGANOLEPTIC
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Adam, S. & Syastra, M.T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal. 3 (2): 78-90.
Aini, S.S.Q. & Sukirno. (2013). Pocketbook as Media of Learning to Improve Students Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Akuntansi. XI (2): 68-75.
Ami, M. S., Susantini, E., & Rahardjo. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal BioEdu. 1 (2): 10-13.
Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia sebagai Media Pembelajaran Ejaan di Sekolah. Jurnal Desain. 4 (2): 92-99.
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: IP Press.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhari, A. & Helda, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 5 (1): 1-13.
Awaludin, T. A dan Rostikawati, R. T. (2020). Pengembangan Buku Saku Materi Mamalia Di Taman Margasatwa Ragunan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 4 (2): 54-60.
Falah, F. 2019. Kelayakan Buku Saku Materi Fungi Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Berdasarkan Hasil Validitas. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 8 (1): 10-15.
Fawziah, E., Primairyani, A. & Idrus, I. (2018). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA 08 Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biolog.i 2(2): 73-79.
Hidayat, R., Lufri, Handayani, D & Darussyamsu, R. (2019). Validitas Media Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo Pada Materi Kingdom Protista Kelas X SMA/MA. Atrium Pendidikan Biologi.
Istifarida, B., Santoso S., Yusuf Y. (2017). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based LearningGis Untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Sragen 2016/2017. Jurnal GeoEco, 3(2): 133- 144.
Mahendrani, K. & Sudarmin. (2015). Pengembangan booklet etnosains fotografi tema ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4 (2): 865–872.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. 37 (1): 27-35.
Maryatun. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 3 (1): 1-13.
Mutmainah, M., Daningsih, E., & Marlina, R. (2014). Buku Saku Keanekaragaman Hayati Hasil Inventarisasi Tumbuhan Berpotensi Tanaman Hias Di Gunung Sari Singkawang. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan.
Notowinarto & Marlita, S. (2018). Kelayakan Buku Saku Jenis-Jenis Udang (Crustacea) Di Perairan Batam Dan Sekitarnya. SIMBIOSA. Vol 7 (1): 47-54.
Panjaitan, R.G.P., Savitri, E., & Titin. (2016). Pengembangan Media e-comic Bilingual Sub Materi Saluran dan Kelenjar Pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3): 1379–1387.
Panjaitan, R.G.P., Titin, & Putri, N.N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 8 (1): 141-151.
Panjaitan, R.G.P. Titin, & Wahyuni, E.S. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 9 (1):11-21.
Panjaitan, R.G.P., Wahyuni, E.S., & Mega, M. (2019). Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Submateri Zat Aditif. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2): 52–59.
Panjaitan, R.G.P., Wahyuni, E.S & Mutmainnah, (2020). Validitas Preparat Histologi Sebagai Media Pembelajaran Submateri Pencemaran Air. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). Vol. 5, No. 1.
Paramita, R., Panjaitan, R.G.P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 2(2): 83–88.
Permendikbud. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.https://bsnpindonesia.Org/wpcontent/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf. Diaksestanggal 25 Oktober 2018.
Rahmawati, I. S., Roekhan., & Nurchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 1 (7): 1323-1329.
Sadiman, A.S., Raharjo, R., Haryono, A & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pres.
Samsari, Novianti, A., & Akmal, N. 2017. Inventarisasi spesies tumbuhan herba di kawasan Sarah Leupung Kabupaten Aceh Besar sebagai penunjang praktikum botani tumbuhan tinggi. Jurnal Edubio Tropika, 5(1987): 54–106.
Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sari, R.M., Kasrina, & Jumiarni, D. 2020. Pengembangan Buku Saku Berbasis Penelitian Pengaruh Ampas Tebu Sebagai Media Tanam Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Untuk Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 4 (1): 86-93.
Setyono, Y.A., Sukarmin, Wahyuningsih, D. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (1): 118 – 126.
Sugiyono, (2015). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulistyani, N.H.D., Jamzuri, & Rahardjo, D.T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (1): 164 – 172.
Titin dan Dara, E. N. (2016). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Matematika dan IPA. 7 (1): 45-56.
Wulandari, E dan Nuryanti. 2020. Pengembangan Buku Saku Biologi Berorientasi Model Inquiry Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Biologi dan Biosain. 3 (1): 39-46.
Yazid, K., Susantini, E., & Fitrihidajati, H. 2016. Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 5 (3): 390-396.
Yuliandari, S., & Wahyudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). 2(2):1-9.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.11052
DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.11052.g4692