STUDY OF LITERATURE ON VARIATION IN THE APPLICATION OF THE THINK PAIR SHARE TYPE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL AND ITS EFFECT ON STUDENTS’ LEARNING COMPETENCIES
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Ahsyhar, R. (2012). KreatifRMengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Afoan, Y, M, dkk. 2016. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Vol 1. No 10.
Andayani, Suci, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Biologi Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 1. Nomor:11.
Firda, A, dan Santi, L. 2017. Pembelajaran Recipcoral Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMPN 24 Pekanbaru. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 4. No 1.
Isjoni. 2010. Cooperative learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi Teori Praktek dan Penelitian. Padang: UNP Press Lie, A. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Mudlofir, Ali dan Evi, Fatimur, R. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Nurjannah, P, F. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Indonesia Journal of Education Research and Review. Vol. 2 (1). Hal 76-81.
Putri, A, N, P, I, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa SMP. JPPSI: Jurnal Ppendidikan dan Pembelajaran Sains Iindonesia. Vol 2. No 2.
Padmadewi, N.N., L. P Artini, dan D. A. E. Agustini. 2017. Micro Teaching. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, S. P., Sukanto, S. M. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 2, No. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.10886
DOI (Fullpaper): http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i2.10886.g4689