SCIENCE MODULE DEVELOPMENT BASED ON SCIENTIFIC APPROACH FOR LIFE ORGANIZATION SUBJECT IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Alimah, Lidy Fitri, Eko Setyadi Kurniawan, Nur Ngazizah. 2013. “Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Radiasi.Vol. 3 No.1.
Amrianto dan Lufri. 2019. Effect of Example Non Example Method Implementation in Scientific Approach and Discovery Learning Model on VII Grade Students’ Cognitive Competence in Learning Natural Science. International Conference on Education, Science and Technology. 2019, Padang, Indonesia: 2.
Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Bayharti, Hardeli, dan Novita Dilla. 2014. Komik Berwarna sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Materi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari untuk SMA Kelas X. Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2014. 1, November, 2014, Padang, Indonesia: 107.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Efdillah, S., Lufri, dan Ahda, Y. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Sains Teknologi Masyarakat disertai Peta Konsep pada Materi Bioteknologi. Kolaboratif, 1(2).
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Indonesia.
Lufri dan Ardi. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Tindakan Kelas, dan Penelitian Pengembangan. Padang: UNP Press.
Lufri. 2014. Model Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2014. 1, November, 2014, Padang, Indonesia: 9.
Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Mata Pelajaran Materi Pertumbuhan”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 3 (1): 31.
Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Plomp, Tjeerd and Nieveen, Nienke. 2013. Educational Design Research. Enschede.University of Twente.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2009. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i1.10697