Analisis kualitas layanan terhadap harga dan kebiasaan konsumen maskapai Citilink Indonesia

Arief Maulana - Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
Ilham Thaib - Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Abstract


Citilink sebagai salah satu maskapai penerbangan Indonesia mencatatkan kinerja operasional dan keuangan yang baik sejak tahun 2015. Sebagai perusahaan yang mengusung strategi low cost, Citilink memberikan layanan modern sederhana bagi konsumennya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan (service quality) terhadap harga (price) dan kebiasaan konsumennya (habit) dengan menggunakan variabel penghubungnya yaitu kepuasan konsumen (satisfaction) dan keinginan untuk menggunakannya kembali di masa depan (reuse intention). Populasi penelitian ini adalah pengguna maskapai penerbangan Citilink asal Sumatera Barat. Adapun sampel diambil sebanyak 287 orang yang mana datanya diperoleh menggunakan metode accidental dan dengan kuesioner. Tes hipotesis penelitian mamakai Structural Equation Modeling melalui software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan maskapai citilink berpengaruh signifikan terhadap harga yang bersedia dibayarkan oleh konsumen, keinginan kembali menggunakan maskapai citilink yang dilakukan oleh konsumen, dan kepuasan yang diterima oleh konsumen. Kepuasan konsumen atas kualitas pelayanan dan keinginan kembali menggunakan maskapai citilink tidak berpengaruh signifikan terhadap harga yang ditetapkan. Variabel habit dinyatakan tidak valid untuk diperhitungkan dalam model penelitian ini.

Keywords


Service Quality, Satisfation, Reuse Intention, Price, and Habit

Full Text:

PDF

References


Citilink. (n.d.). Citilink. Retrieved from https://www.citilink.co.id/company-profile

Civelek, M. E. (2018). Essentials of Structural Equation Modeling. United States: Zea Books.

Febrianto, Y., & Sitinjak, T. (2017). Peran Kepuasan Konsumen Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Maskapai Penerbangan Air Asia. Business Management Journal, 13. https://doi.org/10.30813/bmj.v13i1.252

Hidayat, anwar. (2013). Uji Normalitas dan Metode Perhitungan (Penjelasan Lengkap). Retrieved from Statistikian website: https://www.statistikian.com/

kwong, ken; wong, K. (2019). Mastering Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem) with Smartpls in 38 Hours. United States: iUniverse.

Manullang, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Penerbangan Pt. Garuda Indonesia Airlines Di Bandara Polonia Medan.

Nur, E., & Ichsan, C. (2019). Kualitas Jasa, Harga dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 2, 10–18. https://doi.org/10.30601/humaniora.v2i1.49

Phaksi, R. (2022). Pengaruh Waktu Tunggu, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Maskapai Penerbangan Air Asia di Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6, 40. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i1.16352

Prawitasari, A., & Kaypani, R. (2020). HUBUNGAN KUALITAS JASA DAN HARGA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PANASONIC SERVICE CENTER BENGKULU. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3. https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i2.820

PT Citilink Indonesia. (n.d.). Annual Report 2019 PT Citilink Indonesia. Retrieved from https://www.citilink.co.id/docs/default-source/default-document-library/annual-report-2019-pt-citilink-indonesia.pdf

Rosdiana, A. (2018). Analisi Kinerja Harga Pengaruhnya Terhadap Reputasi dan Keputusan Menggunakan Jasa Penerbangan (Survei terhadap penumpang Air Asia dengan rute Bandung – Denpasar). JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS, 5. https://doi.org/10.17509/jimb.v5i2.1019

Structural Equation Modeling. (2009). Retrieved from https://www.konsultanstatistik.com/

Studi, P., Fakultas, M., Universitas, E., Raja, M., & Iranita, I. (2019). Pengaruh Service Quality Dan Customer Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Maskapai Penerbangan Lion Air (Studi Kasus Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang). Bahtera Inovasi, 1. https://doi.org/10.31629/bi.v1i2.3345

Wang, C., Harris, J., & Patterson, P. (2013). The Roles of Habit, Self-Efficacy, and Satisfaction in Driving Continued Use of Self-Service Technologies A Longitudinal Study. Journal of Service Research, 16, 400–414. https://doi.org/10.1177/1094670512473200

Wirtz, Jochen; Chew Patricia; Lovelock, C. H. (2018). Essentials of Services Marketing. United Kingdom: Pearson Education.

Wood, W., & Neal, D. (2009). The habitual consumer. Journal of Consumer Psychology - J CONSUM PSYCHOL, 19. https://doi.org/10.1016/j.jcps.2009.08.003

Yahya, Y., Maulida, Z., Yusra, Y., & Makmur, L. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan maskapai penerbangan Batik Air Banda Aceh. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9. https://doi.org/10.24036/jkmb.10891500




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw02127660