Pengembangan Aplikasi Pelayanan Servis Mobil Berbasis Mobile

(1)

(2) Universitas Teknologi Yogyakarta


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i4.131042
Full Text:

Abstract
Pemanfaatan teknologi mobile dapat mempermudah semua orang dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang otomotif. Banyak bengkel yang perlahan mengadopsi teknologi mobile dengan penggunaan aplikasi mobile. Salah satu bengkel tersebut adalah Bengkel Integral, saat ini Bengkel Integral menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan, baik itu konsultasi mengenai mobil, pemberitahuan status servis, pemesanan antrian servis mobil, maupun pembelian sparepart. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile yang memfasilitasi pelanggan dalam pemesanan servis dan pembelian sparepart, serta meningkatkan efisiensi pelayanan bengkel. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan framework Flutter untuk platform mobile, dengan integrasi Google Maps API untuk memudahkan pelanggan dalam menentukan lokasi pengambilan mobil. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model Waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan maintenance. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang menyediakan fitur pemesanan servis, fitur pemesanan servis dengan pengambilan mobil di rumah, serta fitur pembelian sparepart secara online. Aplikasi dapat menampilkan lokasi pengguna dengan akurat sehingga pengambilan mobil oleh mekanik bengkel dapat dilakukan dengan mudah. Aplikasi ini memiliki implikasi praktis bagi bengkel dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi waktu tunggu pelanggan, menyediakan platform terintegrasi untuk pengelolaan layanan servis dan penjualan sparepart.
Kata kunci : Aplikasi, Bengkel, Flutter, Google Maps API, Pelayanan
The utilization of mobile technology can simplify various fields, including the automotive sector. Many workshops are gradually adopting mobile technology through the use of mobile applications. One such workshop is Bengkel Integral, which currently uses WhatsApp to communicate with customers for car consultations, service status updates, service appointment bookings, and spare part purchases. This study aims to develop a mobile-based application that facilitates customers in booking services and purchasing spare parts, as well as improving the efficiency of workshop services. The application is developed using the Flutter framework for the mobile platform, integrated with Google Maps API to help customers specify the location for vehicle pick-up. The development method used is the Waterfall Model, which includes the stages of requirements analysis, design, implementation, testing, and maintenance. The result of this study is an application that provides features for service booking, service booking with home vehicle pick-up, and online spare part purchases. The application accurately displays the user's location, allowing easy vehicle pick-up by the workshop mechanic. This application has practical implications for workshops in improving operational efficiency, reducing customer waiting times, and providing an integrated platform for managing service and spare part sales.
Keywords: Application, Workshop, Flutter, Google Maps API, Service
References
Kurniawati dan L. Bachtiar, “Pengembangan Teknologi Mobile Untuk Sistem Kasir Rumah Makan Di Kota Sampit Menggunakan Firebase Realtime Database,” J. Teknol. Inf. Univ. Lambung Mangkurat, vol. 5, no. 2, hal. 57–66, 2020, doi: 10.20527/jtiulm.v5i2.51.
F. Syakti dan N. Oktaviani, “Pengembangan Aplikasi Location Based Service Fasilitas Kesehatan Menggunakan Model Scrum,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 5, no. 02, hal. 144–152, 2020, doi: 10.32767/jusim.v5i02.1005.
Y. Sari dan H. Riyansah, “Aplikasi Tracking Pedagang Keliling Dengan GPS Google Maps API Berbasis Android,” J. Komput. dan Inform., vol. 5, no. 3, hal. 178–191, 2021.
A. E. Abiyoga, “Pengembangan Aplikasi Website Untuk Informasi Service Motor Dan Mobil,” J. Teknol. Pint., vol. 3, no. 1, hal. 1–14, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://teknologipintar.org/index.php/teknologipintar/article/view/341%0Ahttp://teknologipintar.org/index.php/teknologipintar/article/download/341/327
C. Ilham Maulana, L. Ardiantoro, dan M. F. Rohmah, “Aplikasi Jasa Bengkel Di Kota Mojokerto Berbasis Android,” Semin. Nas. Fak. Tek., vol. 2, no. 1, hal. 153–158, 2023, doi: 10.36815/semastek.v2i1.144.
H. H. Mutashim dan Y. Asriningtias, “Rancang Bangun Aplikasi Skrining Kesehatan Mental Remaja Berbasis Web,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, hal. 1830, 2023.
A. D. Cahyani dan Y. Asriningtias, “Model Aplikasi Pengelolaan Pengaduan Pelanggan Berbasis Mobile (Studi Kasus pada Perusahaan Pengrajin Batu),” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 3, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/1669
I. Pratiwi dan Y. Saifullah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang di Bengkel ‘Bangkit Jaya Motor’ Berbasis Web,” J. Tek. Ind. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, hal. 29–38, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.ubibanyuwangi.ac.id/index.php/jurnal_tinsika
A. S. Putri, A. Eviyanti, dan H. Hindarto, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Berbasis Android Pada Toko Suryamart Menggunakan Framework Flutter,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 3, hal. 257–265, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i3.851.
R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani, dan A. T. P. Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Sleman: Deeppublish Publisher, 2021.
D. Aldo dan N. Putra, Sistem Pendukung Keputusan (SPK) (Kupas Tuntas Metode Multifaktor Evaluation Process). Semarang: SINT Publishing, 2020.
D. Budgen, Software Design Creating Solution for III-Structured Problems. Florida: CRC Press, 2020.
J. Dooley dan V. Kazakova, Software Development, Design, and Coding. New York: Apress, 2024.
A. Kumala dan S. Winardi, “Aplikasi Pencatatan Perbaikan Kendaraan Bermotor Berbasis Android,” J. Intra Tech, vol. 4, no. 2, hal. 112–120, 2020, doi: 10.37030/jit.v4i2.72.
M. H. Aliefiudin dan Y. Asriningtias, “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Pada Pengenalan Tarian Adat Papua,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 3, hal. 1777–1787, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1435.
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.