Pengembangan Aplikasi Pelayanan Servis Mobil Berbasis Mobile

Septian Yogi Kurniawan(1), Yuli Asriningtias(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Teknologi Yogyakarta  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i4.131042

Abstract


Pemanfaatan teknologi mobile dapat mempermudah semua orang dalam kegiatan sehari hari. Pemanfaatan teknologi ini telah mencakup berbagai bidang, salah satunya bidang otomotif. Banyak bengkel yang perlahan mengadopsi teknologi mobile dengan penggunaan aplikasi mobile yang bertujuan untuk mempermudah mekanik dalam memberikan pelayanan bengkel kepada pelanggan. Salah satu bengkel tersebut adalah Bengkel Integral, saat ini Bengkel Integral menggunakan aplikasi WhatsApp dalam berkomunikasi dengan pelanggan, baik itu konsultasi mengenai mobil, pemesanan antrian servis mobil, maupun pembelian sparepart. Pelanggan yang hanya ingin mengetahui ketersediaan antrian maupun ingin mengetahui status servis harus menghubungi bengkel melalui aplikasi WhatsApp. Dari masalah tersebut penulis mengembangkan aplikasi pelayanan bengkel dengan tujuan mempermudah pelanggan ketika akan melakukan servis mobil di Bengkel Integral. Aplikasi tersebut dikembangkan menggunakan framework Flutter, untuk API(Application Programming Interface) penulis menggunakan framework Laravel dan MySQL sebagai databasenya. Aplikasi ini akan mempermudah pelanggan dan membuat pelayanan bengkel menjadi lebih efisien.

Kata kunci : Aplikasi, Bengkel, Flutter, Laravel, Pelayanan


The utilization of mobile technology can simplify daily activities for everyone. This technology has been applied in various fields, one of which is the automotive sector. Many workshops are gradually adopting mobile technology by using mobile applications aimed at making it easier for mechanics to provide services to customers. One such workshop is Bengkel Integral, which currently uses WhatsApp to communicate with customers, whether for car consultations, booking service appointments, or purchasing spareparts. Customers who only want to check service availability or service status must contact the workshop via WhatsApp. To address this issue, the author has developed a workshop service application aimed at making it easier for customers to service their cars at Bengkel Integral. This application was developed using the Flutter framework, with Laravel as the framework for the API (Application Programming Interface), and MySQL as the database. The application will simplify customer interactions and make workshop services more efficient.

Keywords: Application, Workshop, Flutter, Laravel, Service


References


Kurniawati dan L. Bachtiar, “Pengembangan Teknologi Mobile Untuk Sistem Kasir Rumah Makan Di Kota Sampit Menggunakan Firebase Realtime Database,” J. Teknol. Inf. Univ. Lambung Mangkurat, vol. 5, no. 2, hal. 57–66, 2020, doi: 10.20527/jtiulm.v5i2.51.

F. Syakti dan N. Oktaviani, “Pengembangan Aplikasi Location Based Service Fasilitas Kesehatan Menggunakan Model Scrum,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 5, no. 02, hal. 144–152, 2020, doi: 10.32767/jusim.v5i02.1005.

Y. Sari dan H. Riyansah, “Aplikasi Tracking Pedagang Keliling Dengan GPS Google Maps API Berbasis Android,” J. Komput. dan Inform., vol. 5, no. 3, hal. 178–191, 2021.

A. E. Abiyoga, “Pengembangan Aplikasi Website Untuk Informasi Service Motor Dan Mobil,” J. Teknol. Pint., vol. 3, no. 1, hal. 1–14, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://teknologipintar.org/index.php/teknologipintar/article/view/341%0Ahttp://teknologipintar.org/index.php/teknologipintar/article/download/341/327

C. Ilham Maulana, L. Ardiantoro, dan M. F. Rohmah, “Aplikasi Jasa Bengkel Di Kota Mojokerto Berbasis Android,” Semin. Nas. Fak. Tek., vol. 2, no. 1, hal. 153–158, 2023, doi: 10.36815/semastek.v2i1.144.

H. H. Mutashim dan Y. Asriningtias, “Rancang Bangun Aplikasi Skrining Kesehatan Mental Remaja Berbasis Web,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, hal. 1830, 2023.

A. D. Cahyani dan Y. Asriningtias, “Model Aplikasi Pengelolaan Pengaduan Pelanggan Berbasis Mobile (Studi Kasus pada Perusahaan Pengrajin Batu),” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 3, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/1669

I. Pratiwi dan Y. Saifullah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang di Bengkel ‘Bangkit Jaya Motor’ Berbasis Web,” J. Tek. Ind. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, hal. 29–38, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.ubibanyuwangi.ac.id/index.php/jurnal_tinsika

A. S. Putri, A. Eviyanti, dan H. Hindarto, “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Berbasis Android Pada Toko Suryamart Menggunakan Framework Flutter,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 3, hal. 257–265, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i3.851.

A. Kumala dan S. Winardi, “Aplikasi Pencatatan Perbaikan Kendaraan Bermotor Berbasis Android,” J. Intra Tech, vol. 4, no. 2, hal. 112–120, 2020, doi: 10.37030/jit.v4i2.72.

M. H. Aliefiudin dan Y. Asriningtias, “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Pada Pengenalan Tarian Adat Papua,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 3, hal. 1777–1787, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1435.

R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani, dan A. T. P. Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Sleman: Deeppublish Publisher, 2021.

D. Aldo dan N. Putra, Sistem Pendukung Keputusan (SPK) (Kupas Tuntas Metode Multifaktor Evaluation Process). Semarang: SINT Publishing, 2020.

D. Budgen, Software Design Creating Solution for III-Structured Problems. Florida: CRC Press, 2020.

J. Dooley dan V. Kazakova, Software Development, Design, and Coding. New York: Apress, 2024.


Article Metrics

 Abstract Views : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.