Pengembangan Media Pembelajaran K3LH Menggunakan Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (AR) di SMK Negeri 1 Padang

An 'Amna Hafizhah(1), Ika Parma Dewi(2), Hanesman Hanesman(3), Agariadne Dwinggo Samala(4),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i3.125060

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan aplikasi assemblr edu berbasis Augmented Reality (AR) dalam pengembangan media pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang. Model pengembangan yang akan digunakan pada saat penelitian adalah pengembangan Four D (4D). Pemilihan metode dan model ini bertujuan untuk menciptakan media animasi sebagai produk akhir. Berdasarkan  hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media mencapai angka 0,89853 yang menunjukkan kategori valid. Kemudian hasil uji praktikalitas yang dilakukan kepada siswa/siswi kelas X ELKA di SMK Negeri 1 Padang didapatkan hasil sebesai 95% yang masuk kedalam kategori sangat praktis.  Media pembelajaran termasuk kedalam kategori “Valid” dan “Sangat Praktis” digunakan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika khususnya pada materi pembelajaran K3LH.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Assemblr EDU, Augmented Reality

 

This study aims to analyze the development of learning media using the assemblr edu application based on augmented reality (AR) at SMK Negeri 1 Padang. The development model that researchers will use in this study is the Four D (4D) development model. The selection of this m ethod and model aims to create animation media as the final product. Based on the research results it can be concluded that the validation carried out by material experts and media experts reached 0.89853 which is included in the valid category. Then the results of the practicality test conducted on class X ELKA students at SMK Negeri 1 Padang obtained results of 95% which were in the very practical category. Learning media are included in the "Valid" and "Very Practical" categories used in the Basics of Electronics subject, especially in K3LH learning materials.

Keywords: Development, Learning Media, EDU Assemblr, Augmented Reality


References


Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1).

Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. UNP PRESS.

Nilamsari, Dinda Puspita; DEWI, Ika Parma. Rancang Bangun Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 2023, 11.1: 96-102.

Samala, A. D., Ambiyar, A., Jalinus, N., Dewi, I. P., & Indarta, Y. (2022). Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning dan TVET. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2794-2808.

Mursyida, L., Darni, R., & Dewi, I. P. (2021). Rancang Bangun Media Moblie Learning Mata KuliahTeknologi Multimedia Dan Internet. INFORMAL: Informatics Journal, 6(1), 18-27.

Rahayu, Restu, et al.Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, 2022

Arza, S. M., Azhar, N., & Dewi, I. P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Teknik Elektronika Smk Negeri 1 Bukittinggi. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 6(1).

Marta, R., Dewi, I. P., Rinaldi, D., Aprianto, A., & Costa, R. R. K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Android Pada Materi Instalasi Sistem Operasi. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 10(3), 79-85.

Septiawan, S., & Abdurrahman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret Kelas XI SMA. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 11-18.

Nurrisma, N., Munadi, R., Syahrial, S., & Meutia, E. D. (2021). Perancangan Augmented Reality dengan Metode Marker Card Detection dalam Pengenalan Karakter Korea. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(1), 34-41.

Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). Desain dan implementasi media pembelajaran berbasis mobile learning menggunakan moodle mobile app. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13-20.

Molina, G., & Thamrin, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komponen Elektronika Berbasis Augmented Reality. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 9(4), 20-26.


Article Metrics

 Abstract Views : 410 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.