Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan aplikasi assemblr edu berbasis Augmented Reality (AR) dalam pengembangan media pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang. Model pengembangan yang akan digunakan pada saat penelitian adalah pengembangan Four D (4D). Pemilihan metode dan model ini bertujuan untuk menciptakan media animasi sebagai produk akhir. Berdasarkan  hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media mencapai angka 0,89853 yang menunjukkan kategori valid. Kemudian hasil uji praktikalitas yang dilakukan kepada siswa/siswi kelas X ELKA di SMK Negeri 1 Padang didapatkan hasil sebesai 95% yang masuk kedalam kategori sangat praktis.  Media pembelajaran termasuk kedalam kategori “Valid” dan “Sangat Praktis” digunakan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika khususnya pada materi pembelajaran K3LH.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Assemblr EDU, Augmented Reality

 

This study aims to analyze the development of learning media using the assemblr edu application based on augmented reality (AR) at SMK Negeri 1 Padang. The development model that researchers will use in this study is the Four D (4D) development model. The selection of this m ethod and model aims to create animation media as the final product. Based on the research results it can be concluded that the validation carried out by material experts and media experts reached 0.89853 which is included in the valid category. Then the results of the practicality test conducted on class X ELKA students at SMK Negeri 1 Padang obtained results of 95% which were in the very practical category. Learning media are included in the "Valid" and "Very Practical" categories used in the Basics of Electronics subject, especially in K3LH learning materials.

Keywords: Development, Learning Media, EDU Assemblr, Augmented Reality