Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Alat Ukur Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran DTJKT Di SMKN 2 Padang

Khoirianisa Anisa(1), Vera Irma Delianti(2), Titi Sri Wahyuni(3), Hadi Kurnia Saputra(4),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i3.124870

Full Text:    Language : id

Abstract


Era globalisasi membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam era ini, media pembelajaran memegang peran penting dalam menunjang proses belajar mengajar. Pada revolusi 4.0 hampir semua bidang berangsur berpindah ke digitalisasi. Perubahan ini memerlukan kesiapan untuk menghadapi di masa depan. Tantangan dan peluang revolusi 4.0 berdampak juga pada aspek pendidikan untuk lebih berinovasi serta diimbangi dengan empat keterampilan abad 21 yaitu keterampilan kreatifitas, berfikir kritis, komunikasi dan kolaborasi. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pada metode ini diterapkan enam tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Merancang media pembelajaran interaktif berupa Aplikasi Android dengan konten pembelajaran pengenalan alat ukur jaringan sesuai dengan materi pembelajaran di Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran yang diterapkan di kelas X TKJ dengan teknologi Marker Augmented Reality sehingga dapat diakses melalui smartphone. Membangun Aplikasi media interaktif sehingga mudah digunakan oleh siswa dan sebagai pendamping buku ajar oleh guru. Dapat mengimplementasikan teknologi Augmented Reality pada media pembelajaran untuk mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (DTJKT).

Kata kunci : Augmented Reality, Alat Ukur, MDLC, DTJKT

 

Globalization has led to widespread changes in various life aspects, including education. Learning media's significance in facilitating teaching and learning is crucial in this era. The 4.0 revolution has prompted a gradual shift towards digitalization in almost all sectors. Adapting to these changes is essential for future readiness. Revolution 4.0's challenges and opportunities also impact education, emphasizing innovation and balance with 21st-century skills: creativity, critical thinking, communication, and collaboration. The design employs the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) through six stages: concept, design, material collection, assembly, testing, and distribution. The aim is to create interactive Android learning media, specifically an application introducing network measuring tools. This aligns with the Learning Objectives Flow (ATP), Learning Outcomes, and Learning Objectives for 10th-grade TKJ students. Augmented Reality Marker technology enables smartphone access. The interactive app serves as both a student-friendly learning tool and a teacher's companion, potentially integrating Augmented Reality technology for teaching Fundamentals of Computer Networking and Telecommunications Engineering (DTJKT).

Keywords: Augmented Reality, Measuring Instruments, MDLC, DTJKT


References


B. Afifah, T. Widiyaningtyas, and U. Pujianto, “Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa,” Tekno, vol. 29, no. 2, p. 97, 2019, doi: 10.17977/um034v29i2p97-115.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, and H. Subandi, “Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 6, no. 2, pp. 135–141, 2022, doi: 10.54367/means.v6i2.1512.

M. Fauzan Febriansyah and Y. Sumaryana, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Informatics Digit. Expert, vol. 3, no. 2, pp. 61–68, 2021, doi: 10.36423/index.v3i2.838.

R. Rosaly and A. Prasetyo, “Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan,” Https://Www.Nesabamedia.Com, vol. 2, p. 2, 2019, [Online]. Available: https://www.nesabamedia.com/pengertian-flowchart/https://www.nesabamedia.com/pengertian-flowchart/

A. F. Prasetya, Sintia, and U. L. D. Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Terap. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2022.

T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and Mira Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. …, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022, [Online]. Available: https://journal.polita.ac.id/index.php/politati/article/view/110/88

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, pp. 26–31, 2018.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.

B. F. Pratama and L. Husniah, “Hayes, C. Hardian, H. Sumekar, T.,” J. Matrix, vol. 8, no. 2, pp. 42–46, 2018.


Article Metrics

 Abstract Views : 341 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.