Abstract


Era globalisasi membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam era ini, media pembelajaran memegang peran penting dalam menunjang proses belajar mengajar. Pada revolusi 4.0 hampir semua bidang berangsur berpindah ke digitalisasi. Perubahan ini memerlukan kesiapan untuk menghadapi di masa depan. Tantangan dan peluang revolusi 4.0 berdampak juga pada aspek pendidikan untuk lebih berinovasi serta diimbangi dengan empat keterampilan abad 21 yaitu keterampilan kreatifitas, berfikir kritis, komunikasi dan kolaborasi. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pada metode ini diterapkan enam tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Merancang media pembelajaran interaktif berupa Aplikasi Android dengan konten pembelajaran pengenalan alat ukur jaringan sesuai dengan materi pembelajaran di Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran yang diterapkan di kelas X TKJ dengan teknologi Marker Augmented Reality sehingga dapat diakses melalui smartphone. Membangun Aplikasi media interaktif sehingga mudah digunakan oleh siswa dan sebagai pendamping buku ajar oleh guru. Dapat mengimplementasikan teknologi Augmented Reality pada media pembelajaran untuk mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (DTJKT).

Kata kunci : Augmented Reality, Alat Ukur, MDLC, DTJKT

 

Globalization has led to widespread changes in various life aspects, including education. Learning media's significance in facilitating teaching and learning is crucial in this era. The 4.0 revolution has prompted a gradual shift towards digitalization in almost all sectors. Adapting to these changes is essential for future readiness. Revolution 4.0's challenges and opportunities also impact education, emphasizing innovation and balance with 21st-century skills: creativity, critical thinking, communication, and collaboration. The design employs the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) through six stages: concept, design, material collection, assembly, testing, and distribution. The aim is to create interactive Android learning media, specifically an application introducing network measuring tools. This aligns with the Learning Objectives Flow (ATP), Learning Outcomes, and Learning Objectives for 10th-grade TKJ students. Augmented Reality Marker technology enables smartphone access. The interactive app serves as both a student-friendly learning tool and a teacher's companion, potentially integrating Augmented Reality technology for teaching Fundamentals of Computer Networking and Telecommunications Engineering (DTJKT).

Keywords: Augmented Reality, Measuring Instruments, MDLC, DTJKT