Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Mobile Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD

Vera Indriani(1), Resmi Darni(2), Yeka Hendriyani(3), Asrul Huda(4), Agariadne Dwinggo Samala(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i2.122818

Full Text:    Language : en

Abstract


Pendidikan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, termasuk gaya belajar siswa. Siswa Sekolah Dasar saat ini termasuk generasi Z yang cenderung belajar secara visual dan praktis melalui interaksi dengan teknologi, seperti simulasi, game, atau aktivitas interaktif. Oleh karena itu, guru perlu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Pengembangan Aplikasi Augmented reality ini bertujuan agar siswa dapat mempelajari materi pengenalan sistem tata surya dengan melihat kombinasi objek maya 2D atau 3D kemudian memproyeksikannya ke dunia nyata untuk memudahkan pemahaman siswa. Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Tata Surya Berbasis Mobile Augmented reality Mata Pelajaran IPA kelas VI SD yang sudah mengintegrasikan kompetensi dasar, indikator, animasi sistem tata surya, AR dari masing-masing planet, evaluasi, panduan dan akses guru untuk melakukan perubahan isi dari aplikasi. Hal ini bermaksud agar aplikasi ini membuat pembelajaran lebih menarik, yang akan meningkatkan minat siswa karena mereka dapat menggunakannya untuk mengulang pelajaran seperti bermain game yang dapat mereka gunakan di mana saja. Aplikasi ini telah menjalani uji validasi dari ahli media dan materi. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa ahli media mendapat skor 98% dan ahli materi 94%.

Kata kunci : Generasi Z, Augmented reality, Tata Surya, Ilmu Pengetahuan Alam, Android.

 

Education is constantly evolving to keep up with the changing times, as well as the learning styles of students.Therefor, Elementary school students today are part of Generation Z, who tend to learn visually and practically through interaction with technology, such as simulations, games, or interactive activities. Therefore, teachers need to make use of technology in the learning process. The development of an Augmented reality application aims to enable students to learn about the solar system by viewing a combination of two or three-dimensional virtual objects projected onto the real world, thus facilitating student understanding. The Android-based Learning Media Application for Introduction to the Solar System Based on Augmented reality for Science Class VI Elementary School has integrated basic competencies, indicators, solar system animation, AR from each planet, evaluations, guidelines, and teacher access to change the application's content. With the help of this application, it is expected that learning will become more interactive, which can increase student interest in learning. This is intended to make learning more interesting, increasing student interest because they can use it to review lessons like playing games that they can use anywhere. The application has undergone validation testing by media and material experts. The validity test results show that media experts received a score of 98%, and material experts received 94%.

Keywords: Generation Z, Augmented reality, Solar System, Science, Android.


References


A. C. P. Tondang, M. D. Izhar, M. B. Butar, and F. Akbar, “Smartphone Addiction dan Stres dengan Kejadian Insomnia pada Siswa,” Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, vol. 12, no. 3, pp. 735–742, Jul. 2022.

D. A. Bujuri, “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar,” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 9, no. 1, pp. 37–50, Aug. 2018, doi: 10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

M. Masri and E. Lasmi, “Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented reality Dengan Metode Markerless ,” JET (Journal of Electrical Technology), vol. 4, no. 1, 2019.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 5, no. 2, pp. 119–124, Aug. 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.25997.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 121–126, Jan. 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

H. Septian, E. W. Hidayat, and A. Rahmatulloh, “Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android,” Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 71–78, Jan. 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.100.

Y. Sumaryana and M. Hikmatyar, “APLIKASI PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC),” TeIKa, vol. 10, no. 2, pp. 117–124, Oct. 2020, doi: 10.36342/teika.v10i2.2381.

Unang Achlison, “Analisis Implementasi Pengukuran Suhu Tubuh Manusia dalam Pandemi Covid-19 di Indonesia,” Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, vol. 13, no. 2, pp. 102–106, Dec. 2020, doi: 10.51903/pixel.v13i2.318.

A. Junaidi and C. Wadisman, “SISTEM INFORMASI ANTRIAN ONLINE BERBASIS WEB DI KLINIK SAHABAT PADANG,” JOURNAL OF COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION SYSTEM(JCOINS), vol. 3, no. 3, pp. 136–148, Aug. 2022.

A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, and H. Subandi, “Augmented reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), vol. 6, no. 2, pp. 135–141, Jan. 2022, doi: 10.54367/means.v6i2.1512.

M. Arsyad and A. Hadi, “Pengembangan Media Interaktif Pemeliharaan Perangkat Komputer Berbasis Android,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 9, no. 4, p. 12, Dec. 2021, doi: 10.24036/voteteknika.v9i4.113988.

D. R. D. Putri, M. R. Fahlevi, and F. A. Putri, “Implementasi Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Pada Website Pembelajaran Sistem Multimedia,” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK), vol. 8, no. 1, pp. 70–81, Feb. 2023.

B. Setiawan, N. Prihartini, and N. Sitompul, “MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAKITAN KOMPUTER DASAR UNTUK JURUSAN.TEKNIK.KOMPUTER DAN.JARINGAN. DI.SEKOLAH.MENENGAH.KEJURUAN,” Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 17, no. 2, pp. 1–5, Jun. 2022.

S. Herman, S. Samsuni, and F. Fathurohman, “PENGEMBANGAN SISTEM MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 11, no. 2, pp. 95–101, Sep. 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.406.95-101.


Article Metrics

 Abstract Views : 464 times
 PDF Downloaded : 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.