Rancang Bangun Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika

Dinda Puspita Nilamsari(1), Ika Parma Dewi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i1.121759

Full Text:    Language : id

Abstract


Dalam dunia pendidikan yang semulanya belajar secara luring tergantikan menjadi pembelajaran daring. Berdasarkan hal tersebut berdampak terhadap rendahnya nilai siswa yang melakukan pembelajaran daring pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika. Media pembelajaran yang pernah digunakan seperti modul ajar, jobsheet, buku, powerpoint. Pada saat sekarang belum tersedianya media pembelajaran menggunakan software Assemblr EDU baik secara daring maupun luring. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan sebanyak 95,4% siswa kelas X Elektronika memerlukan media pembelajaran menggunakan perangkat lunak Assemblr EDU. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika menggunakan software Assemblr EDU dan untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran yang sudah dibuat. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan metode Four D (4D) dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Media pembelajaran ini akan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas (uji coba pengguna). Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji praktikalitas dilakukan oleh kelompok kecil yaitu sebanyak 15 siswa. Hasil uji validitas yang didapatkan adalah 87,99% dari validator ahli media dan 95,33% dari validator ahli materi yang dikategorikan “Sangat Valid”. Hasil uji praktikalitas didapatkan 90,58% yang dikategorikan “Sangat Praktis”.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Dasar-Dasar Teknik Elektronika, Assemblr EDU, Animasi 3D, Augmented Reality

 

In the world of education, what was originally learned in the class room was replaced with online learning. Based on this case, it has an impact on the low scores of students who carry out online learning in the Basics of Electronics Engineering. Learning media that have been used include teaching modules, job sheets, books, powerpoints. At this time there is not available learning media using the Assemblr EDU software for both learning type. Based on observations that have been made as much as 95.4% of class X Electronics students need learning media using Assemblr EDU software. The purpose of the research conducted is to produce learning media in Basic of Electronics Engineering subjects using Assemblr EDU software and to get validity level on the learning media that have been created. This learning method has been created  by using 4D method, the step is define, design, development, dissemination. Validity test of this learning method is doing by the experts (topics and media). The practice test is doing by a small group of 15 students. The result of the validity test is 87,99% from the media experts validator, and 95,33% from the topics experts validator was defined to be "Very Valid". The result of practice test is 90,58% was defined to be "Very Practical".

 

Keywords: Learning Media, Fundamentals of Electronics Engineering, Assemblr EDU, 3D Animation, Augmented Reality


References


R. Oktavian and R. F. Aldya, “Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0,” Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 20, no. 2, p. 129, 2020, doi: 10.30651/didaktis.v20i2.4763.

Y. Indarta, A. Ambiyar, F. Rizal, F. Ranuharja, A. D. Samala, and I. P. Dewi, “Studi Literatur : Peranan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 5762–5772, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.2721.

A. D. Samala, A. Ambiyar, N. Jalinus, I. P. Dewi, and Y. Indarta, “Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning dan TVET,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 2794–2808, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2535.

Menik, Perencanaan Pembelajaran. Malang: CV IRDH, 2020.

Daryanto, Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Edisi ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media, 2016.

T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 172, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

F. Yuningsih, A. Hadi, and A. Huda, “Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Menginstalasi Pc,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 36–37, 2018, doi: 10.24036/voteteknika.v2i2.4069.

Y. Indarta et al., “Development of E-Module Courses Tata Boga 2 Based on Flip PDF Professional for Teaching Learning Process in The Pandemic of Covid 19,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 608, no. ICTVET, pp. 174–179, 2021, [Online]. Available: https://www.atlantis-press.com/proceedings/ictvet-21/125965548

R. Marta, I. P. Dewi, D. Rinaldi, A. Aprianto, and R. R. K. Costa, “Pengembangan E-Modul Berbantuan Android Pada Materi Instalasi Sistem Operasi,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 10, no. 3, p. 79, 2022, doi: 10.24036/voteteknika.v10i3.119258.

M. R. Muhammad Maulana Sumantri, I Nyoman Yoga Sumadewa, “Animasi 3 Dimensi Proses Mimikri Bunglon,” J. SASAK Desain Vis. dan Komun., vol. 2, no. 1, p. 44, 2020, doi: 10.30812/sasak.v2i1.754.

F. A. Lino Padang, R. Ramlawati, and S. R. Yunus, “Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup,” Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 6, no. 1, p. 39, 2022, doi: 10.33369/diklabio.6.1.38-46.

A. Sugiarto, “Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredearan Darah,” p. 3, 2022.

K. A. Zulfahmi Indra, Muliawan Firdaus, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran,” vol. 8, no. 1, pp. 75–76, 2022.

A. R. Riyanda, N. Jalinus, and F. Ranuharja, “Augmented Reality Technology For 3D Photoelectric Simulation,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 14, no. 3, pp. 1–6, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta, 2019.

G. Molina and T. Thamrin, “Pengembangan Media Pembelajaran Komponen Elektronika Berbasis Augmented Reality,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 4, pp. 22–23, 2021, doi: 10.24036/voteteknika.v9i4.114206.

S. Sutrisno, A. Pratama, and H. A. Damar Rani, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Siswa Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Tonjong,” Joined J. (Journal Informatics Educ., vol. 2, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.31331/joined.v2i2.957.


Article Metrics

 Abstract Views : 716 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.