Abstract


Dalam dunia pendidikan yang semulanya belajar secara luring tergantikan menjadi pembelajaran daring. Berdasarkan hal tersebut berdampak terhadap rendahnya nilai siswa yang melakukan pembelajaran daring pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika. Media pembelajaran yang pernah digunakan seperti modul ajar, jobsheet, buku, powerpoint. Pada saat sekarang belum tersedianya media pembelajaran menggunakan software Assemblr EDU baik secara daring maupun luring. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan sebanyak 95,4% siswa kelas X Elektronika memerlukan media pembelajaran menggunakan perangkat lunak Assemblr EDU. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika menggunakan software Assemblr EDU dan untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran yang sudah dibuat. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan metode Four D (4D) dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Media pembelajaran ini akan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas (uji coba pengguna). Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji praktikalitas dilakukan oleh kelompok kecil yaitu sebanyak 15 siswa. Hasil uji validitas yang didapatkan adalah 87,99% dari validator ahli media dan 95,33% dari validator ahli materi yang dikategorikan “Sangat Valid”. Hasil uji praktikalitas didapatkan 90,58% yang dikategorikan “Sangat Praktis”.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Dasar-Dasar Teknik Elektronika, Assemblr EDU, Animasi 3D, Augmented Reality

 

In the world of education, what was originally learned in the class room was replaced with online learning. Based on this case, it has an impact on the low scores of students who carry out online learning in the Basics of Electronics Engineering. Learning media that have been used include teaching modules, job sheets, books, powerpoints. At this time there is not available learning media using the Assemblr EDU software for both learning type. Based on observations that have been made as much as 95.4% of class X Electronics students need learning media using Assemblr EDU software. The purpose of the research conducted is to produce learning media in Basic of Electronics Engineering subjects using Assemblr EDU software and to get validity level on the learning media that have been created. This learning method has been created  by using 4D method, the step is define, design, development, dissemination. Validity test of this learning method is doing by the experts (topics and media). The practice test is doing by a small group of 15 students. The result of the validity test is 87,99% from the media experts validator, and 95,33% from the topics experts validator was defined to be "Very Valid". The result of practice test is 90,58% was defined to be "Very Practical".

 

Keywords: Learning Media, Fundamentals of Electronics Engineering, Assemblr EDU, 3D Animation, Augmented Reality