Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis FLIPHTML5 sebagai Sumber Belajar untuk Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 2 Meulaboh

Andhur Maisyir(1), Legiman Slamet(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119980

Full Text:    Language : id

Abstract


E-Modul membantu siswa mencapai hasil belajar yang terstruktur disekitar kurikulum mereka, diringkas dalam bentuk unit pembelajaran, dan dapat dipelajari secara individual setiap saat. Model penelitian dan pengembangan yang dipakai dalam tugas akhir ini adalah model pengembangan 4D. Prosedur pengembangan e-modul pembelajaran melalui tahapan berikut: (1) Define, Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Perancangan e-modul mengguanakan FlipHTML5 sebagai sarana interaktif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar. FlipHTML5 merupakan salahsatu contoh Flipbook yang berupa lembaran-lembaran kertas menyerupai album atau kalender berukuran 21 x 28 cm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Wawancara digunakan untuk menyelidiki masalah yang muncul di dalam kelas. Nilai KKM dan tingkat keefektifan e-modul. Kuesioner digunakan untuk menilai kelayakan dan kepraktisan produk. Validasi produk didasarkan pada empat aspek: Bahasa, grafik, kelayakan isi, dan penyajian materi. Berdasarkan hasil validasi e-Modul pembelajaran yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata 4,81 dengan standar sangat baik (tidak perlu koreksi)

Kata kunci: E-modul, ADDIE, Elektronika

 

E-Modules help students achieve learning outcomes that are structured around their curriculum, summarized in the form of learning units, and can be studied individually at any time. The research and development model used in this final project is the 4D development model. The procedure for developing e-learning modules goes through the following stages: (1) Define, Design, (3) Develop and (4) Disseminate. The e-module design uses FlipHTML5 as an interactive tool to increase student creativity in learning. FlipHTML5 is an example of Flipbook in the form of sheets of paper resembling albums or calendars measuring 21 x 28 cm. Data collection techniques used in this study were interviews and questionnaires. Interviews are used to investigate problems that arise in class. KKM score and e-module effectiveness level. The questionnaire is used to assess the feasibility and practicality of the product. Product validation is based on four aspects: Language, graphics, content appropriateness, and presentation of the material. Based on the validation results of the developed learning e-module, an average value of 4.81 is obtained with a very good standard (no need for correction.

Keywords: E-module, ADDIE, Electronics.


References


Addalena, K. S. (2015). Pengembangan E-modul Ajar Pemrograman WEB Dengan Konsep Scientifik Berorientasi Project Based Learning Di SMK Negeri 2 Seririt.

Abdul Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi (2014). Padang : Universitas Negeri Padang.

Chomsin, Widodo S. dan Jasmadi (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rayanto, Y. H. & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Rudi Susilana & Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Vidiardi, S. 2015. Pengembangan Museum Virtual Interaktif Menggunakan Teknologi Deskop Virtual Reality pada Museum.

Wijayanto, M. S. (2014). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Book Maker dengan Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 1-4.

Daryanto. (2013). Menyusun E-modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: AR-RUZZ. MEDIA.

Tejo Nurseto. (2011) Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan. Volume: 8. Nomor 1: 19-35.

Rudi Susilana & Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : PT Bineka Cipta.


Article Metrics

 Abstract Views : 4152 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 387 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.