Abstract


E-Modul membantu siswa mencapai hasil belajar yang terstruktur disekitar kurikulum mereka, diringkas dalam bentuk unit pembelajaran, dan dapat dipelajari secara individual setiap saat. Model penelitian dan pengembangan yang dipakai dalam tugas akhir ini adalah model pengembangan 4D. Prosedur pengembangan e-modul pembelajaran melalui tahapan berikut: (1) Define, Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Perancangan e-modul mengguanakan FlipHTML5 sebagai sarana interaktif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar. FlipHTML5 merupakan salahsatu contoh Flipbook yang berupa lembaran-lembaran kertas menyerupai album atau kalender berukuran 21 x 28 cm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Wawancara digunakan untuk menyelidiki masalah yang muncul di dalam kelas. Nilai KKM dan tingkat keefektifan e-modul. Kuesioner digunakan untuk menilai kelayakan dan kepraktisan produk. Validasi produk didasarkan pada empat aspek: Bahasa, grafik, kelayakan isi, dan penyajian materi. Berdasarkan hasil validasi e-Modul pembelajaran yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata 4,81 dengan standar sangat baik (tidak perlu koreksi)

Kata kunci: E-modul, ADDIE, Elektronika

 

E-Modules help students achieve learning outcomes that are structured around their curriculum, summarized in the form of learning units, and can be studied individually at any time. The research and development model used in this final project is the 4D development model. The procedure for developing e-learning modules goes through the following stages: (1) Define, Design, (3) Develop and (4) Disseminate. The e-module design uses FlipHTML5 as an interactive tool to increase student creativity in learning. FlipHTML5 is an example of Flipbook in the form of sheets of paper resembling albums or calendars measuring 21 x 28 cm. Data collection techniques used in this study were interviews and questionnaires. Interviews are used to investigate problems that arise in class. KKM score and e-module effectiveness level. The questionnaire is used to assess the feasibility and practicality of the product. Product validation is based on four aspects: Language, graphics, content appropriateness, and presentation of the material. Based on the validation results of the developed learning e-module, an average value of 4.81 is obtained with a very good standard (no need for correction.

Keywords: E-module, ADDIE, Electronics.