Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio

Dea Febrista(1), Efrizon Efrizon(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu e-modul interaktif berbasis android pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika dengan format APK yang dapat dijalankan pada smartphone android. E-modul interaktif berbasis android dirancang menggunakan software Smart Apps creator. Metode penelitian dan pengembangan e-modul interaktif berbasis android ini adalah Desigh and Development (D&D) metode Richey and Klein yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Planning (perancangan), Production (memproduksi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Validasi ahli materi I diperoleh nilai persentase 92% dan validasi ahli materi II diperoleh persentase 84% sehingga dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan sebagai media pembelajaran. (2) Validasi ahli media I diperoleh hasil persentase 83,07% dan validasi ahli media II diperoleh 93,84% sehingga dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Modul, Android

 

This research and development aims to produce the product, the namely is an android-based interactive e-module in the subject of aplication of electronics circuits with APK format that can be run on android smartphones. Android-based interactive e-module are designed using with Smart Apps Creator software. The research and development method of this android based interactive e-module is the Desigh and Development (D&D) Richet and Klein method which consists from three stages Planning, Production, and Evaluation. The results from this research are : (1) The percentage value of validation from the first matery expert is 92% and the percentage value of validation from the secont matery expert is 84% thet could be categorized as “Highly Validation” to be used a learning media. (2) The percentage value of validation from the first media expert is 83,07% and the percentage value of validation from the secont media expert is 93,84% thet could be categorized as “Highly Validation” to be used a learning media.

Keywords: Development, Learning Media, E-modul, Android


References


Agusty, Seventina. 2019. “Pengembangan Aplikasi Modul Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Android”. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika (Nomor 3 tahun 2019). Hlm. 95.

Sapitri, Ria. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan Berbasis Android”. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika (Nomor 1 tahun 2021). Hlm.190.

Ramadhani, Ariffatur Izza.2020. “ Pengembangan E-Modul Pembelajaran CAD Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar 3D”. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin (Nomor 2 tahun 2020). Hlm.136.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Oktaviara, Ayu Rhesta. 2019. “Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Nomor 3 tahun 2019). Hlm.61.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung:Alfabeta.

Fausih, Moh. 2015. “Pengembangan Media E-modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasa Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network) Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Labang Bangkalan Madura”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Nomor 01 tahun 2015). Hlm. 3.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media

Mayub, Afrizal. 2019. Pembuatan Program Pembelajaran Berbantuan Komputer. Bengkulu:FKIP Univ. Bengkulu.

Herawati, Sunarya Nita. 2018. “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan (Nomor 2 tahun 2018). Hlm. 181.

Sidiq, Ricu dan Najuah. 2020. “Pengembangan E-modul Interaktif pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar”. Jurnal Pendidikan Sejarah (Nomor 1tahun 2020). Hlm. 4—5.

Maulana, Rochman Wahid Moh. 2017. “Pengembangan Aplikasi Android Untuk Studi Bahasa Carakan Medi”. Journal Information Engineering and Educational Technology (Nomor 1 tahun 2017). Hlm. 33—35.

Ikhwan, Ahmad. 2018. “ Implementasi Aplikasi Penghafal Huruf Berbasis Android di Madrasah Ibtidaiyah Al Fajar Pringsewu”. JPGMI (Nomor 1 tahun 2018). Hlm. 26.


Article Metrics

 Abstract Views : 1236 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.