Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu e-modul interaktif berbasis android pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika dengan format APK yang dapat dijalankan pada smartphone android. E-modul interaktif berbasis android dirancang menggunakan software Smart Apps creator. Metode penelitian dan pengembangan e-modul interaktif berbasis android ini adalah Desigh and Development (D&D) metode Richey and Klein yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Planning (perancangan), Production (memproduksi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Validasi ahli materi I diperoleh nilai persentase 92% dan validasi ahli materi II diperoleh persentase 84% sehingga dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan sebagai media pembelajaran. (2) Validasi ahli media I diperoleh hasil persentase 83,07% dan validasi ahli media II diperoleh 93,84% sehingga dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Modul, Android

 

This research and development aims to produce the product, the namely is an android-based interactive e-module in the subject of aplication of electronics circuits with APK format that can be run on android smartphones. Android-based interactive e-module are designed using with Smart Apps Creator software. The research and development method of this android based interactive e-module is the Desigh and Development (D&D) Richet and Klein method which consists from three stages Planning, Production, and Evaluation. The results from this research are : (1) The percentage value of validation from the first matery expert is 92% and the percentage value of validation from the secont matery expert is 84% thet could be categorized as “Highly Validation” to be used a learning media. (2) The percentage value of validation from the first media expert is 83,07% and the percentage value of validation from the secont media expert is 93,84% thet could be categorized as “Highly Validation” to be used a learning media.

Keywords: Development, Learning Media, E-modul, Android