Perancangan Aplikasi E-Rent (Electronic Rental) Berbasis Android

Haris Elfian(1), Denny Kurniadi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.111545

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rancangan untuk mengembangkan aplikasi E-Rent berbasis Android yang dapat memberikan informasi barang atau jasa, lokasi, harga, dan stok barang atau jasa yang bisa disewa sehingga mempermudah masyarakat pencari dan penyewa barang atau jasa sesuai kebutuhan. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah Waterfall. Aplikasi menerapkan arsitektur Model View Controller (MVC) yang mengelompokkan modul-modul berdasarkan fungsinya. Pendekatan di dalam pemrograman menerapkan konsep Object Oriented Programming (OOP), dengan pemodelan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Dengan bahasa pemrograman Java untuk Android client user dan CodeIgniter Framework untuk Web Servis. Hasil dari perancangan aplikasi E-Rent ini adalah memberikan layanan secara elektronik mengenai informasi penyewaan (rent), serta aplikasi ini memberikan fitur rating dan testimony terhadap barang dan jasa yang telah selesai disewa.


References


Subekti, D. R. S. I., & Si, M. (2005). Asosiasi Antara Praktik Perataan Laba Dan Reaksi Pasar Modal Di Indonesia Drs. Imam Subekti, M.Si., AK Dosen Fak. Ekonomi Unibraw. September, 15–16.

Fitria, Z. I. (2018). Legalitas Sewa-Menyewa Kios di Hutan Negara Saree ditinjau menurut Konsep Ijarah ‘Ala Al-Manfa’ah (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Sari, D., Winantu, A. (2019). Aplikasi Game Edukasi Puzzle Pengenalan Hewan Berbasis Android. Jurnal Stimik El Rahma.

Sudirman, S. (2016) Analisis Komunikasi Data Dengan Xml Dan Json Pada Web Service. Computer Engineering, Science and System Journal, 1(2), 1-6.

Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. . (2013). Analisa Konsep Object Oriented Programming Pada Bahasa Pemrograman Php. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wati, E. F., & Kusumo, A. A. (2016). Penerapan Metode Unified Modeling Language ( UML ) Berbasis Desktop Pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus Pada PT Indo Mada Yasa Tangerang. Jurnal Informatika, 5(1), 24–36.

Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis saluran pemasaran biji kopi robusta (suatu kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 3(2), 162-173.

Novita, N., Juliana, J., & Sirnayatin, T. A. (2021, January). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Toko 3r Berbasis Netbeans. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1)..

Bakti, I. R., Bunda, Y. P., & Utari, C. T. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis (Sig) Lokasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) Smk Methodist Medan Berbasis Web. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 6(1), 1-6.

Fitri, R. S., Rukun, K., & Dwiyani, N. (2018). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Komputer dan Accessories Pada Toko Mujahidah Computer Berbasis Web. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 4(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 584 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.