Pengembangan Modul Pembelajaran Melalui Aplikasi EDMODO Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika

Aufa Cahyo Ramadhan(1), Dedy Irfan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.111093

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran elektronik dasar listrik dan elektronika berbasis e-learning, menentukan tingkat validitas dari modul elektronik yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan pada pengembangan modul elektronik ini adalah Research and Development ( R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap, 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4)  Implementation, 5) Evaluation. Penelitian ini menggunakan satu instrumen pengumpulan data berupa angket validitas. Hasilnya menunjukkan bahwa modul pembelajaran elektronika yang dikembangkan dinyatakan layak dengan nilai validitas modul dari pakar materi 3.38 dan pakar media yaitu 3.3. data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul pembelajaran dasar listrik dan elektronik berdasarkan e-learning diproduksi layak.


References


Darmawan, Deni. 2012. Pendidikan teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Aplikasi. Bandung: Rosda

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, .

Setiawan parta , gurupendidikan, 2014. Website: http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/ diakses tanggal 11 juni 2020

Pitoy, edmodo: A Free, Secure Social Networking Site For School, 2010. Website: http://dunia.pendidikan.co.id/pengertian-edmodo/, diakses tanggal 20 september 2019.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

 Abstract Views : 249 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.