Pengembangan Modul Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Discovery Learning

Jumike Rahma Desi(1), Dedy Irfan(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.110689

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi di SMKN 5 Padang dengan hasil masih terdapatnya nilai siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yang mengharuskan dilakukannya kegiatan remedial pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Selain itu terdapatnya permasalahan seperti kurangnya media pembelajaran sebagai sarana pendukung pembelajaran. Karena masa pandemic (COVID-19) bahan ajar yang digunakan untuk siswa belajar mandiri dirumah terbatas, sehingga siswa kurang berpatisispasi saat proses pembelajaran daring. Modul pembelajaran merupakan media yang cocok digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mandiri dirumah.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis Discovery Learning pada materi alat ukur listrik dan elektronika untuk siswa SMK kelas X yang valid dan layak. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R & D) atau penelitian pengembangan dengan desain pengembangan 4-D (Four D-Model). Subjek uji coba penelitian ini melibatkan dua orang dosen sebagai validator ahli media dan ahli materi, dan dua orang guru mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika serta 30 siswa SMKN 5 Padang kelas X sebagai uji praktikalitas. Hasil penelitian ini mendapatkan kelayakan media berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor 96,25 (sangat valid) sedangkan penilaian ahli media dengan skor 76,5 (sangat valid). Hasil uji praktikalitas mendapatkan penilaian dari guru mata pelajaran sebagai validator I dengan skor 93,75 (sangat valid) dan penilaian dari validator II dengan skor 96,25 (sangat valid). Hasil praktikalitas responden siswa secara keseluruhan mendapatkan skor 88,25 (sangat valid). Dari data yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika berbasis Discovery Learning kelas X Teknik Audio Video layak digunakan dengan kategori sangat baik. Sehingga layak digunakan sebagai media belajar di sekolah maupun media belajar mandiri di rumah.


References


Kemendikbud. 2013. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kurniasih, Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Annisa Rahim, Pengembangan modul elektronik berbasis discovery learning menggunakan 3D pageflip professional pada materi gerak lurus untuk kelas X SMA, 2017. Website: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1671, diakses tanggal 1 Agustus 2017.

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran rev. ed. Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Peneltian Kuantitatif dan Kualitatif (R & D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur peneltian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

 Abstract Views : 349 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.