Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.110688
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan, menguji validitas, dan menilai kepraktisan materi ajar dasar listrik dan elektronika berbasis Canva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau R&D dengan model pengembangan 4D (Four-D Models). Hasil penelitian ini adalah: (1) Materi ajar berbasis Canva yang mengacu pada model pengembangan Four-D Models yang meliputi empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate; (2) Persentase kevalidan media berdasarkan penilaian dari ahli materi diperoleh nilai 82,85% (sangat valid), dan penilaian dari ahli media diperoleh persentase 88,00% (sangat valid), sedangkan berdasarkan uji praktisitas oleh guru diperoleh persentase 97,00% (sangat praktis) dan praktisitas oleh siswa 87,00% (sangat praktis) untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa materi ajar mata pada pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika pada kompetensi dasar membedakan spesifikasi data komponen listrik berbasis Canva yang dihasilkan valid.
References
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Cipta Jaya.
I.P.Dewi, R. Sofya dan T. Sriwahyuni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Adobeflash CS3 pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ekonomi yang Menggunakan Metode Project Based Learning”. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. Vol. 11, No. 02. Hlm. 72-79.
A. Muhson. 2010. “Pengembangan media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VIII. No. 2. Hlm. 1-10.
Erianjoni. 2017. “Pengembangan Materi Ajar Sosiologi tentang Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal di Kota Padang”. Journal of Sociology Research and Education. Vol. 4. No. 2. Hlm. 96-107.
R.E. Tanjung, D. Faiza. 2019. “Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika”. Jurnal Vokasional Elektronika dan Informatika. Vol. 7. No. 2. Hlm. 79-85.
S. Mardiah, R. Widyastuti, A. Rinaldi. 2018. “PengembanganModul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika menggunakan Metode Inkuiri”. Jurnal Matematika. Vol. 1. No. 2. Hlm. 119-126.
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract Views : 1052 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 372 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.