Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan, menguji validitas, dan menilai kepraktisan materi ajar dasar listrik dan elektronika berbasis Canva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau R&D dengan model pengembangan 4D (Four-D Models). Hasil penelitian ini adalah: (1) Materi ajar berbasis Canva yang mengacu pada model pengembangan Four-D Models yang meliputi empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate; (2) Persentase kevalidan media berdasarkan penilaian dari ahli materi diperoleh nilai 82,85% (sangat valid), dan penilaian dari ahli media diperoleh persentase 88,00% (sangat valid), sedangkan berdasarkan uji praktisitas oleh guru diperoleh persentase 97,00% (sangat praktis) dan praktisitas oleh siswa 87,00% (sangat praktis) untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa materi ajar mata pada pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika pada kompetensi dasar membedakan spesifikasi data komponen listrik berbasis Canva yang dihasilkan valid.