Pengaruh Penerapan Model PJBL Berbantu Program Aplikasi Livewire Terhadap Hasil Belajar
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.110477
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif model Project Based Learning berbantu program aplikasi Livewire terhadap hasil belajar mata pelajaran kerja bengkel dan gambar teknik siswa kelas X SMKN 1 Padang. Livewire digunakan untuk mempermudah siswa dalam menggambar rangkaian dimana sebelumnya siswa membuat gambar rangkaian secara manual dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga siswa kesulitan dalam memahami dasar dari menggambar teknik. Dengan menggunakan model project based learning berbantu livewire diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental Desaign, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XTAVB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XTAVC sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini kelas eksperimen dengan menggunakan model Project Based Learning berbantu program aplikasi Livewire sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model Project Based Learning berbantu program aplikasi Livewire. Setelah dilakukan penelitian didapatkan bahwa hasil perolehan rata-rata kelas eksperimen pada ranah kognitif 85.25 dan kelas kontrol 76.75. Hasil belajar pada ranah psikomotor rata-rata kelas eksperimen 83.44 dan kelas kontrol 72.63. Uji hipotesis pada ranah kognitif thitung=2.09 dan pada ranah psikomotor diperoleh thitung=2.25, karena thitung>ttabel sehingga dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Menurut hasil uji hipotesis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model Project Based Learning berbantu program aplikasi Livewire terhadap hasil belajar mata pelajaran kerja bengkel dan gambar teknik siswa kelas X SMKN 1 Padang.
References
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015.
Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Ridwan Abdullah, Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Muhammad, Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media, 2016.
Ridwan Abdulah, Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Weningsih Pancawati, Evektivitas Pembelajaran Penemuan Berbantuan Media Aplikasi Livewire. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
Arie Widhiyanto, Penggunaan Program Livewire Sebagai Media Pembelajaran Teori Listrik dan Elektronika Program Keahlian Teknik Pendingin SMK Negeri 2 Kendal. Skripsi. Semarang: Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2017.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Saifuddin, Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Suharsimi Arikunto, Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Article Metrics
Abstract Views : 403 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 166 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.