Sistem Informasi Akademik Pada Lembaga Bimbingan Belajar Exis Berbasis Android

Mutia Ningsi(1), Dedy Irfan(2), Efrizon Efrizon(3),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110354

Full Text:    Language : id

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan dalam kehidupan terutama bidang teknologi informasi. Kemajuan teknologi juga berpengaruh di bidang seluler, salah satu fungsinya menjalankan berbagai aplikasi Android dan mendapatkan informasi. Bimbingan belajar Exis dalam pengelolaan data siswa masih ditulis secara manual. Proses pendaftaran siswa  masih menggunakan kertas formulir dan belum menggunakan media alternatif seperti aplikasi Android. Perancangan sistem informasi ini dengan pemodelan UML (Unified Modelling Language). Perancangan dibangun dari sisi client dan server. Dari sisi client menggunakan Android dan web sebagai server dengan database MySQL, dan editornya yaitu Sublime Text 3. Tujuan sistem informasi akademik ini diharapkan menghasilkan sistem informasi berbasis Android yang dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan data, pendaftaran, pengelolaan jadwal, absensi siswa, penilaian siswa serta memberikan informasi profil, paket dan berita bimbingan belajar Exis.

Kata kunci: Sistem Informasi, bimbingan belajar Exis, Android, Client-Server.


References


A. Nugraha dan G. Pramukasari, “Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya,” J. Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, hal. 2–10, 2017.

R. M. Mulyadi, Hoiriah, Deddy Supriadi, “Sistem Informasi Pendaftaran Kursus Berbasis Web Pada Yayasan Musik Jakarta,” Ijcit, vol. 3, no. 2, hal. 148–156, 2018.

P. Maharani, Zulhendra, dan D. Irfan, “Aplikasi Majalah Dinding ‘Wall On’ Berbasis Android Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNP,” vol. 7, no. 1, hal. 68–73, 2019.

M.Ichwan dan F. Hakiky, “Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku),” vol. 2, no. 2, hal. 13–21, 2011.

A. S. Rosa dan Shalahuddin M., REKAYASA PERANGKAT LUNAK TERSTRUKTUR DAN BERORIENTASI OBJEK. Bandung: Informatika, 2013.

Aminudin, PROGRAM ABSENSI SISWA REALTIME DENGAN PHP DAN SMS GATEWAY. Yogyakarta: CV Lokomedia, 2014.

R. Gustian dan D. Irfan, “PERANCANGAN E-MANDEH DI KAWASAN WISATA MANDEH MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER BERBASIS WEB,” vol. 7, no. 3, hal. 42–48, 2019.

Safaat H. Nazruddin, APLIKASI BERBASIS ANDROID Edisi Revisi. Bandung: Informatika, 2014.

E. Iswandy, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penagihan Purchasing Order Customer Studi Kasus Pada Cv . Vertical Cipta Relasi Padang Dengan Metode Centralized Data Processing,” vol. 4, no. 2, hal. 106–119, 2016.


Article Metrics

 Abstract Views : 528 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.