Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika

Dela Rahmayanti(1), Putra Jaya(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110251

Full Text:    Language : en

Abstract


Penilitian ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya penerapan media pembelajaran canva dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) di SMK Negeri 3 Kota Pariaman mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Seubjek dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TPTU A sebagai kelas kontrol dan kelas X TPTU B sebeagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan purposive sampling atau berdasarkan dengan tujuan tertentu untuk kesetaraan kedua kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan posttest di akhir pembelajaran. Hal ini dinyatakan dari hasil belajar penelitian pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 82,50 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 74,18. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai thitung2,99 > ttabel2,672 maka dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan dengan menerapkan media pembelajaran canva dengan pendekatan saintifik.

Kata kunci : Media Pembelajaran Canva, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Quasi Experimental design, Nonequivalent Control Group Design


References


Daryanto, media pembelajaran, Yogyakarta, Gava Media, 2016.

Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 13, Yogyakarta, gava Media, 2014

Donni Priansa Juni. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia, 2017

Rahma, E., & Delsina F. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIK. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan informatika, 7(2) 79-85.

Cerberus, Canva, Wikipedia, 2019.

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta, 2017.

Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2013.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, Bandung, Alfabeta, 2019.

Suharsimi, Prosedur penelitian, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2018


Article Metrics

 Abstract Views : 4228 times
 PDF Downloaded : 1263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.