E-Coffee, Aplikasi Pemasaran Kopi Lokal Sumatera Barat Berbasis Web

Kurnia Diana Putri(1), Denny Kurniadi(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110231

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi pemasaran kopi di Sumatera Barat serta memberi kemudahan dalam pemasaran kopi bagi petani kopi dan tersedianya informasi penjual kopi bagi penggiat kopi atau pemilik kafe kopi. Perancangan dan pengembangan sistem informasi ini menggunakan model Business System Planning (BSP), yaitu metode yang berkaitan dengan upaya bagaimana sistem informasi seharusnya distrukturkan, diintegrasikan dan diimplementasikan oleh organisasi dalam jangka panjang. Hasil riset menunjukkan, rancangan sistem E-Coffee memerlukan fasilitas terkait layanan pengelolaan informasi pemasaran kopi, pengelolaan pemasaran/promosi, layanan pemesanan dan penjualan, pengelolaan jasa perendang dan kafe kopi serta pengelolaan tester dan review. Sistem dikembangkan menggunakan framework codeigniter berbasis PHP yang mengintegrasikan semua layanan menjadi suatu aplikasi berbasis web yang utuh dan mampu membantu kelancaran usaha kopi.

Kata kunci : Sistem Informasi, Pemasaran, Kopi, Framework Codeigniter


References


Riyanto, A. D. (2015, December). Pembuatan Website Sebagai Media Promosi Yang Terpercaya. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 1).

Rosdiana, R., Kurniadi, D., & Huda, A. (2019). Rekayasa Sistem Informasi Promosi dan Pengelolaan Jasa Studio Foto Berbasis Web. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 20-32.

Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis saluran pemasaran biji kopi robusta (suatu kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 3(2), 162-173.

Kontributor Wikipedia. “Publikasi.” Wikipedia, Ensiklopedia Bebas.Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 29 Jan. 2020. Web. 29 Jan. 2020.

Andri D.P, “Produksi Kopi Indonesia Belum Maksimal”, Kompas.com, 2018. Website : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/08/125051626/produksi-kopi-indonesia-belum-maksimal, di akses tanggal 3 Februari 2020.

Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis saluran pemasaran biji kopi robusta (suatu kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 3(2), 162-173.

Permatasari, D. (2013). Pemodelan Arsitektur Informasi Sistem Bisnis Keuangan Menggunakan Metode Business System Planning (Bsp)(Studi Kasus: Dana Pensiun Telkom Bandung). JAMIKA-Jurnal Manajemen Informatika UNIKOM, 1.

Bantian, J., & Meulaboh, A. B. (2015).Analisis Pendapatan dan Keuntungan Usaha Pada Industri Bubuk Kopi Tradisional Aceh di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi, Universitas Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat.

Mediana, D. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya) Design Build Helpdesk Applications (A-Desk) Based Web Using Framework Laravel (Case Study In Surya Sembada Municipal Waterwork Of Surabaya). Jurnal Manajemen Informatika, 8(2).

Faslah, R., & Haris, A. (2017).Perancangan Strategis Sistem Informasi. Jurnal ELTIKOM: Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi dan Komputer, 2017, 1.1: 31-38.

Fitri, R. S., Rukun, K., & Dwiyani, N. (2018). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Komputer dan Accessories Pada Toko Mujahidah Computer Berbasis Web. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 4(1).

Mahdiana, D. (2016). Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek: studi kasus PT. Liga Indonesia. Telematika MKOM, 3(2), 36-43.

Abdillah, L. A. (2013). Perancangan basisdata sistem informasi penggajian. arXiv preprint arXiv:1302.0337.


Article Metrics

 Abstract Views : 1160 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.