Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru berbasis Web dengan menggunakan Framework Codeigniter

Anita Yusmar(1), Geovanne Farell(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.109865

Full Text:    Language : id

Abstract


Guru di SMK Negeri 2 Padang Panjang diharuskan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan  yang baik dalam menerapkan kompetensi yang dimiliki. Penilaian kinerja guru di SMK Negeri 2 Padang Panjang memiliki beberapa masalah yang dapat menghambat dalam proses penilaian kinerja guru. Penilaian kinerja guru masih menggunakan sistem penilaian yang konvensional yaitu menggunakan Ms. Office Excel, sehingga akan menyulitkan proses perhitungan, dan perekapan data dokumen pendukung penilaian kinerja guru. Hal tersebut dapat menyebabkan proses penilaian kinerja guru menjadi kurang efektif. Sebuah sistem informasi sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka penulis membuat Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru berbasis Web menggunakan Framework Codeigniter 3 agar memudahkan dalam pendataan, proses perhitungan nilai, perekapan dokumen pendukung dan pembuatan laporan. Metode penilaian yang dilakukan adalah studi lapangan meliputi observasi dan wawancara. Metode yang digunakan adalah Protoype Model.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Penilaian Kinerja Guru, Framework Codeigniter 3

References


Aswati. “Peranan Sistem Informasi dalam Perguruan Tinggi”. Sumatera Utara : SMIK Royal Kisaran Sumatera Utara. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. Vol. 1 No. 2 Maret 2015.

Husain, Al. “Perancagan Database Relational Pada Toko Buku Online.” Tangerang : STMIK Raharja. Jurnal CERITA Vo. 2 No. 2 Agustus 2016 ISSN 2461-1417.

Waspodo, Bayu, Ahmad Nurul Fajar dan Noor Hadi Prayitno. “Sistem Informasi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan dan Peruntukkan Penggunaan Tanah pada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sumedang”. Jurnal Sistem Informasi Vol. 8 No. 2 Oktober 2015. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Buku Pedoman Penilaian Kinerja Guru Tahun 2016 oleh Kemendikbud Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Evaluasi Kinerja Guru. Jakarta.

Wikipedia, 2020. Proses Pengembangan Perangkat Lunak (https://id.wikipedia.org/wiki/Proses Pengembangan Perangkat Lunak)


Article Metrics

 Abstract Views : 598 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.