Pembuatan Modul Rangkaian Dasar Elektronika Digital Berbasis Model Guided Discovery Learning

Lusy Febrianti(1), Thamrin Thamrin(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i3.109279

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran rangkaian dasar elektronika digital berbasis model guided discovery learning, menentukan tingkat validitas serta praktikalitas dari modul yang dihasilkan. Metode pembuatan modul menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri dari tiga tahap, 1) investigasi awal; 2) pembentukan prototipe dan 3) uji coba dan penilaian. Tes validitas dari modul yang dikembangkan terdiri dari dua tahap dilakukan oleh dua dosen Teknik Elektronika FT UNP. Tes kepraktisan dilakukan oleh dua guru Sistem Komputer di SMKN 1 Enam Lingkung dan 20 peserta didik X MM 2 SMKN 1 Enam Lingkung. Instrumen validitas dan praktikalitas dianalisis dengan rumus Cohen Kappa (k). Hasil analisis validitas materi dengan skor rata-rata momen kappa 0,77 dengan kategori tinggi dan hasil analisis validitas media dengan skor rata-rata momen kappa 0,85 dengan  kategori sangat tinggi. Hasil praktikalitas oleh guru dan peserta didik menunjukkan bahwa skor rata-rata berturut-turut adalah 85 dan 87,2  dengan kategori  sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul pembelajaran rangkaian dasar elektronika digitas berbasis guided discovery learning yang dihasilkan valid dan praktis.

Kata kunci :  Elektronika digital, gerbang logika, guided discovery learning, model Plomp.


References


Carin, A. A. Teaching Modern Science. New York: Macmillan, 1997.

Irza Maudiah. 2017. Pengembangan Modul Pemelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Semester Ganjil kelas X TITLA SMK Negeri 1 Padang. Padang: E-Journal UNP, 2017.

Sulistyowati, N. 2012, Efektivitas Model Pembelajaran berbasis Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia, Chemistry in Education, 2(1), 49-55.

Dahliana, P., Khaldun, I., dan Saminan. 2015, Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(06), 101-106.

Yerimadesi, Bayharti, dan Oktavirayanti R. 2018, Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA, Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(1), 17-24.

Ilmi, A.N.A. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran berbasis Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012, Pendidikan Biologi, 4(2), 44-52.

Sapiudin. 2020. The Development of Guided Discovery Based Learning Materials to Improve Learning Outcomes in High School. Jakarta. E-Journal International Journal of Innovation, Creativity And Changes. 2020 Website : https://www.ijicc.net/indexs.php/volume-12-2020/167-vol-12-iss-1

Ponto Hantje. 2020. Methods of Learning Concept of Basic Electric Circuit: A Comparative Study Between Lecture, Discussion and Collaboration. Manado. E-Journal International Journal of Innovation, Creativity And Changes. 2020 Website : https://www.ijicc.net/indexs.php/volume-12-2020/167-vol-12-iss-1

Plomp, T. and Nieveen, N. Education Design Research, Ensschede Netherland: National Institute for Curriculum Development (SLO), 2013.


Article Metrics

 Abstract Views : 923 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.