Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran rangkaian dasar elektronika digital berbasis model guided discovery learning, menentukan tingkat validitas serta praktikalitas dari modul yang dihasilkan. Metode pembuatan modul menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri dari tiga tahap, 1) investigasi awal; 2) pembentukan prototipe dan 3) uji coba dan penilaian. Tes validitas dari modul yang dikembangkan terdiri dari dua tahap dilakukan oleh dua dosen Teknik Elektronika FT UNP. Tes kepraktisan dilakukan oleh dua guru Sistem Komputer di SMKN 1 Enam Lingkung dan 20 peserta didik X MM 2 SMKN 1 Enam Lingkung. Instrumen validitas dan praktikalitas dianalisis dengan rumus Cohen Kappa (k). Hasil analisis validitas materi dengan skor rata-rata momen kappa 0,77 dengan kategori tinggi dan hasil analisis validitas media dengan skor rata-rata momen kappa 0,85 dengan kategori sangat tinggi. Hasil praktikalitas oleh guru dan peserta didik menunjukkan bahwa skor rata-rata berturut-turut adalah 85 dan 87,2 dengan kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul pembelajaran rangkaian dasar elektronika digitas berbasis guided discovery learning yang dihasilkan valid dan praktis.
Kata kunci : Elektronika digital, gerbang logika, guided discovery learning, model Plomp.